5 Manfaat Minum Kopi yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat minum kopi

Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi setiap pagi. Ya, menikmati secangkir kopi hitam yang disajikan dengan roti bisa menambah semangat sebelum beraktivitas harian. Tak hanya memberikan sensasi nikmat saja, manfaat minum kopi juga baik untuk kesehatan lho! Selama Anda mengkonsumsi kopi dalam porsi wajar serta tanpa tambahan gula atau susu, kopi bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh berikut ini.

  1. Menurunkan risiko penyakit kanker

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, mengkonsumsi kopi secara rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker liver, kanker payudara, kanker prostat serta meminimalisir terkena penyakit diabetes. Para penderita diabetes bisa mengkonsumsi kopi guna mendapatkan manfaat sehat yang terkandung. Namun, Anda harus ingat bahwa konsumsi kopi yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah kopi murni tanpa tambahan bahan lain.

2. Bisa menghilangkan kantuk

Semua orang pasti tahu manfaat minum kopi yang satu ini. Anda bisa menghilangkan rasa kantuk dalam sekejap dengan mengkonsumsi secangkir kopi pada pagi hari. Aroma kopi yang khas sejak diseduh pertama kali akan langsung menguar ke udara dan terhirup melalui pernapasan Anda. Dijamin rasa kantuk bakal langsung lenyap. Anda bisa memiliki semangat menjalani aktivitas pagi dengan lebih baik.

3. Mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Kafein pada kopi mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Antioksidan bisa membantu mengatasi permasalahan penuaan dini, melancarkan sirkulasi darah dan lain-lain. Anda bahkan bisa memanfaatkan sisa ampas kopi sebagai masker wajah yang akan membuat kulit lebih halus dan cerah. Lebih murah dan bebas risiko bahan kimia, bukan?

4. Meningkatkan daya ingat dan memori otak

Manfaat minum kopi setiap hari bisa meningkatkan daya ingat dan memori otak seseorang lho! Kafein yang terkandung pada biji kopi bisa membantu menstimulasi otak dan membantu meningkatkan fokus atau konsentrasi. Anda yang memiliki kebiasaan ngopi setiap hari pasti memiliki energi dan semangat yang jauh lebih besar dibandingkan orang yang tidak suka kopi. Menurut beberapa penelitian yang kredibel, kopi bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Membantu menghilangkan stress dan depresi

Deadline pekerjaan yang menumpuk setiap hari bisa membuat seseorang mengalami stress atau depresi. Anda bisa mengurangi risiko terkena depresi dengan rutin menikmati secangkir kopi hitam murni. Rasakan manfaat minum kopi yang bisa menghilangkan semua beban pikiran yang ada. Tak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit kepala sebab kandungan kafein pada kopi ampuh mengatasi hal tersebut.

                Selain 5 manfaat minum kopi yang disebutkan di atas, Anda juga harus tahu bahwa minum kopi bisa membantu program diet lho! Untuk Anda yang mengalami sulit turun berat badan, coba rajin konsumsi kopi setiap hari. Kafein pada kopi bisa membantu Anda buang air kecil lebih intens. Hal ini dikarenakan kopi merupakan diuretik yang baik  sehingga semua zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan langsung terbuang dengan baik. Anda juga bisa merasa kenyang lebih lama sebelum menikmati makan besar.

                Pastikan Anda mendapatkan manfaat minum kopi murni tanpa tambahan bahan lain seperti gula atau susu. Mengkonsumsi kopi campuran tentu memberikan dampak negatif bagi kesehatan dibandingkan manfaat positif yang Anda inginkan. Mengkonsumsi kopi pagi hari setelah bangun tidur ampuh meredakan stress yang meningkat. Hormon kartisol penyebab rasa stress bisa terminimalisir dengan secangkir kopi hitam murni yang panas. Enak dan bermanfaat, bukan?

Baca juga: Tips Memasak sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat