Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Cara Mudah Membuat Blog Gratis
Cara Mudah Membuat Blog Gratis
Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Membuat Blog Gratis

Anda mungkin tidak asing dengan istilah blogger yang menghasilkan uang jutaan rupiah per bulan. Ya, blog menjadi salah satu platform yang bisa memberikan pendapatan sampingan diluar pekerjaan utama. Banyak pula orang yang menjadikan blogger sebagai profesi. Kalau Anda menginginkan blog sekadar media ekspresi diri, pilih platform blog gratis yang tidak memungut biaya. Anda bisa menulis apa saja di blog secara gratis atau berpeluang memberikan penghasilan. Yuk, ketahui cara membuat blog yang gratis!

Memilih platform blog hosted

Sebelum Anda membaca ulasan cara membuat blog gratis, ada baiknya mengetahui perbedaan platform blog hosted dan self hosted terlebih dahulu.

  • Blog hosted

Untuk Anda yang mungkin belum tahu cara membuat blog, pilih platform yang cocok terlebih dahulu. Jika dana Anda terbatas, bisa memilih platform menulis yang gratis seperti Blogger atau WordPress.com. Tentu ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu mengenai platform blog hosted antara lain fitur blog yang terbatas, tampilan terbatas, nama website yang tidak bisa diubah sampai risiko akun blog dihapus kalau melanggar peraturan.

  • Blog self hosted

Platform blog self hosted memiliki keunggulan lebih baik seperti nama domain milik sendiri, tampilan dan fitur menarik dan lain-lain. Namun, Anda wajib membayar nilai uang tertentu untuk menikmati semua hal yang ditawarkan blog self hosted. Blog berbayar sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memulai karir sebagai blogger profesional. Blog yang kredibel dan fleksibel sangat cocok digunakan untuk online shop, website, bisnis, komunitas dan lain-lain.

Cara membuat blog gratis via Blogger

                Buat Anda yang ingin tahu cara membuat blog gratis yang mudah, cukup masuk ke browser dan ketikkan Blogger.com sekarang juga. Berikut detail langkah yang Anda perlukan untuk membuat sebuah blog gratis.

  1. Pada halaman awal Blogger.com, klik tombol “Buat Blog” dan Anda akan diarahkan masuk menggunakan akun Gmail yang dimiliki. Masukkan alamat email Anda, lalu klik tombol berikutnya.
  2. Masukkan kata kunci akun Gmail Anda, klik berikutnya.
  3. Isi lama profil dengan akun Blogger Anda atau Google+ agar terisi secara otomatis.
  4. Jika semua data sudah diedit, klik buat profile dan tambahkan foto profil atau klik lewati.
  5. Jika Anda sudah selesai membuat akun Google+, kembali ke laman Blogger untuk memulai aktivitas. Klik Lanjutkan ke Blogger dan mulai Buat Blog Baru untuk mengunggah hasil karya pertama Anda. Petunjuk teknis selanjutnya mengenai judul, alamat, tema dan lain-lain bisa Anda sesuaikan dengan keinginan tulisan.

Cara membuat blog gratis via WordPress.com

Anda juga bisa mencoba cara membuat blog gratis menggunakan platform WordPress.com selain Blogger.com ya! Berikut langkah membuat akun blog di situs WordPress yang bisa Anda praktikkan sendiri.

  1. Buka situs WordPress di id.wordpress.com dan masukkan nama blog yang Anda inginkan misalnya jurnalkarya.wordpress.com, klik Buat Situs Web.
  2. Pada halaman baru yang muncul, Anda wajib mengisi data atau informasi yang dibutuhkan antara lain:
  3. Alamat email

Masukkan alamat email yang ingin Anda gunakan untuk akun blog.

  • Nama pengguna

Anda bisa menggunakan variasi nama dengan angka misalnya Rara13 sebagai user name untuk masuk ke akun blog nanti.

  • Password

Isikan dengan kata kunci yang Anda inginkan atau sebaiknya kombinasi huruf dan angka tetapi mudah diingat.

  • Memastikan alamat blog sudah benar dan klik link “akan menggunakan alamat yang gratis” lalu klik Buat Blog.
  • Lakukan verifikasi dengan mengklik link yang diberikan oleh pihak WordPress melalui alamat email Anda.
  • Setelah melakukan proses verifikasi, Anda bakal masuk ke tampilan tab baru di browser atau halaman dashboard WordPress. Cara membuat blog via WordPress.com sangat mudah dan Anda bisa mulai mengatur, mendesain dan mengunggah karya ke laman tersebut.

Nah, mana yang bakal Anda gunakan sebagai jurnal karya pribadi? Cara membuat blog gratis sangat mudah dan sederhana. Anda bisa mencoba langkah-langkah membuat blog di Blogger.com atau WordPress.com sesuai keinginan di atas. Yuk, mulai publikasikan karya Anda agar bisa dibaca oleh orang lain di seluruh dunia! Kalau Anda ingin mendapatkan domain atau nama milik sendiri, gunakan blog berbayar yang menjamin hasil lebih profesional.

Baca juga: Yuk ikutan kursus bisnis online gratis

Baca juga: Cara Mengoptimasi Website Agar No 1 di Google

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *