Cerita Panjang Di Balik Mencuatnya Sosial Media Populer, Facebook

Di balik sejarah panjang Facebook

sejarah panjang Facebook
sejarah panjang facebook

Siapa yang tidak kenal dengan sosial media facebook? Salah satu dari sekian banyak sosial media yang digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia ini ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang hingga sempat berurusan dengan berbagai permasalahan yang cukup pelik. Namun demikian, berkat kegigihan pria Yahudi, sejarah panjang Facebook tersebut akhirnya sampai pada penghujung waktu dengan semakin meroketnya pengguna sosial media dari tahun ke tahun.

                Adalah Mark Zuckerberg yang notabene adalah pria yang berada di balik sejarah panjang Facebook dari mulai pendiriannya hingga diklaim mampu mendapatkan penghasilan hingga beratus juta dollar dalam satu tahunnya. Tidak mengherankan jika kemudian majalah kenamaan Forbes juga sempat menyatakan bahwa pria berkebangsaan Yunani ini menjadi sosok yang masuk dalam jajaran pria terkaya di dunia dengan penghasilan mencapai $62.3 billion.

Di balik sejarah panjang Facebook

                Mengenai pencapaiannya yang sangat menakjubkan tersebut di usianya yang terbilang sangat muda, tentu hal ini tidak terlepas dari adanya kerja keras yang dia lakukan selama ini. Bahkan, dirinya juga sempat menemui berbagai permasalahan isu hoax yang ditebarkan oleh beberapa pihak dalam perintisan sosial media facebook. Sekalipun demikian, dirinya mampu mengatasi hal tersebut hingga berhasil mengklaim facebook sebagai hasil kerja kerasnya selama ini.

                Masih berkaitan dengan sejarah panjang Facebook, sebelumnya facebook diciptakan oleh Mark untuk jangakauan terkecil saja yang pada saat itu melibatkan lingkungan kampus ataupun sekolah. Seiring dengan berjalannya waktu, jejaring facebook diperluas hingga mampu menjangkau semua orang yang ada di seluruh dunia.

Tahun 2003, FaceMash.com

                Tepatnya pada 23 Oktober 2003 silam dimana tanggal tersebut menjadi saksi atas dimulainya perintisan sosial media facebook. sejarah panjang Facebook ini kemudian mendorong pria yang berkuliah di Universitas Harvard ini meluncurkan jejaring sosial FaceMash.com yang merupakan jenis sosial media untuk membandingkan foto setiap orang demi mendapatkan peringkat yang paling “hot” atau seksi.

                Disebutkan bahwa pria yang berkuliah dengan mengambil jurusan psikologi ini mendapatkan gambar rekan perguruan tingginya dari database Universitas Harvard. Berangkat dari sini, sejarah panjang Facebook mencatat bahwa pertama kali mengudara, FaceMash.com mampu memperoleh 450 pengunjung dengan tampilan foto sebanyak 22.000. Merupakan awal yang baik untuk mengembangkan sosial media yang satu ini di kemudian hari.

                Sayangnya, tindakan Mark atas peluncuran FaceMash.com ini dianggap sebagai tindak criminal karena pihak kampus menyatakan apa yang dilakukan Mark telah melanggar hukum. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencurian database data siswa, pelanggaran hak cipta hingga privasi individu. Atas tindakannya ini, pria yang terlibat dalam sejarah panjang Facebook ini terancam dikeluarkan dari Harvard, namun keputusan ini dibatalkan.

                Terkait dengan sejarah panjang Facebook, Mark kemudian mencoba untuk mengembangkan FaceMash.com menjadi peralatan studi sosial dalam menghadapi adanya final test. Dirinya memposting 500 lukisan karya Agusta dalam sebuah website yang dilengkapi kolom komentar. Berangkat dari sini, pengunjung bisa bertukar ide dan memberikan komen atas lukisan tersebut.

Tahun 2004, TheFacebook.com

                Selanjutnya, sejarah panjang Facebook berlanjut dengan terdaftarnya domain thefacebook.com oleh Mark pada 11 Januari 2004. Dari sini, thefacebook.com dibuat dengan model Friendster yang ke depannya akan diubah menjadi sebuah situs dengan kemampuan untuk bisa menghubungkan semua rekan dalam satu kampus. Mencuatnya ide tersebut berawal dari adanya kesadaran pihak kampus yang membutuhkan waktu panjang untuk melakukannya.

                Setelah diluncurkannya website tersebut, dalam kurun waktu 24 jam, website tersebut telah diakses oleh 1,200 mahasiswa yang mendaftarkan diri mereka. Seiring dengan adanya peluncuran website tersebut, Mark nampaknya juga telibat dalam proyek pengembangan situs HarvardConnection.com bersama Divya Narendra, Tyler Winkelvoss dan Cameron Winkelvoss. Sayangnya, niatan baik tersebut berubah menjadi tuduhan atas ditudingnya Mark yang mencuri ide ketiga pria tersebut. Beruntung, permasalahan tersebut akhirnya terselesaikan.

                Masih berkaitan dengan sejarah panjang Facebook, di tahun 2004 co-founder Napster, Sean Parker berniat menemui Mark di New York yang kemudian menjadi penasehat thefacebook.com secara tidak formal hingga akhirnya dinobatkan sebagai presiden setelah facebook sempat mendapatkan suntikan dana 500,000 dollar pada Juli 2004 dari Peter Theil yang merupakan founder PayPal. Pengembangan thefacebook.com terus dilakukan hingga per 30 Desember 2004 tercatat sebanyak 1 juta orang lebih telah menjadi pengguna.

                Di bulan Agustus 2005, sejarah panjang Facebook mencatat adanya perubahan nama thefacebook.com menjadi facebook.com dengan menghabiskan dana sebesar $200,000. Setelah itu, facebook mulai menjalin kerjasama dengan beberapa pihak termasuk Microsoft dan Apple. Dari sini, pada akhir 2005, facebook telah tersebar ke berbagai negara termasuk Australia, UK, Irlandia, US, Mexico, Canada hingga New Zealand.

Baca juga: Bisnis Online Pake Facebook

Baca juga: Belajar Bisnis Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat