Di Balik Rumitnya Sejarah Aplikasi Sosial Media Twitter

Sejarah Twitter
Sejarah Twitter

Sejarah di balik Twitter

                Dari sekian banyaknya jumlah sosial media yang berkembang saat ini, nampaknya Twitter juga telah berhasil mendapatkan perhatian dari berbagai pengguna internet di dunia. Bahkan, dengan jumlah website sosial media yang jumlahnya lebih dari 20 ini sama sekali tidak menurunkan pamor dari Twitter. Namun, lagi-lagi tidak banyak orang yang mengetahui sejarah sosial media Twitter yang telah mendapatkan pengguna sebanyak 500 juta per 2015 ini.

                Dengan jumlah pengguna tersebut disebutkan bahwa sebanyak 50 juta masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi sosial media Twitter. Hal inilah yang kemudian menjadikan Indonesia dianggap sebagai negara dengan jumlah pengguna Twitter terbanyak di Asia. Masih berkaitan dengan sejarah sosial media Twitter, aplikasi ini mengusung fitur untuk bisa berkicau atau menuliskan pesan dalam 140 karakter saja.

Sejarah di balik Twitter

                Pada tanggal 21 Maret 2006 silam menjadi tonggak sejarah sosial media Twitter yang dipunggawai oleh tiga pria yaitu Jack Dorsey, Evan Williams, Noah Glass dan Isaac ‘Biz’ Stone. Disebutkan bahwa Evan Williams merupakan sosok yang berhasil mendirikan blogger sebelum kemudian diakuisisi oleh Google pada 13 Februari 2003. Dalam karirnya, Evan Williams juga menciptakan Odeo bersama Noah Glass. Sayangnya, pada saat itu Apple juga menciptakan aplikasi serupa, iTunes Store hingga keduanya sepakat untuk mundur.

                Berawal dari sinilah kemudian sejarah sosial media Twitter mulai dikembangkan dengan adanya sebuah diskusi awal dengan Jack Dorsey yang sempat mengemabangkan web dan merupakan sosok mahasiswa di Universitas New York. Dalam web yang sedang dikembangkan tersebut, dikatakan web itu berfokus pada penggunaan layanan pesan singkat pada satu komunitas kecil.

                Selanjutnya, Evan Williams yang mendengar gagasan tersebut yang merupakan awal dari sejarah sosial media Twitter berinisiatif untuk menamainya dengan istilah twttr yang diungkapkan oleh Noah Glass. Munculnya nama tersebut terinspirasi dari adanya layanan Flickr sekaligus juga kode singkat dari SMS Amerika yang hanya 5 digit. Dari sinilah kemudian muncul sosok Biz Stone sebagai penulis dalam purwarupa Twitter dan membangun sebuah startups pertama yang dinamai Obvious Corp.

                Berada di bawah naungan Obvious Corp, pria-pria berbakat tersebut kemudian mengembangkan berbagai aplikasi messaging yang sebelumnya telah didiskusikan. Dari sinilah kemudian sejarah sosial media Twitter mencatat adanya penambahan dua huruf vocal pada twttr menjadi Twitter. Untuk pertama kalinya, Jack Dorsey mempublikasikan sebuah pesan pertama melalui Twitter pada 09:50 PM PST yang tertanggal 21 Maret 2006 dan untuk versi resminya pertama kali dikenalkan pada public pada 15 Juli 2006.

                Dengan perkembangan sejarah sosial media Twitter yang sangat pesat tersebut, kemudian di April 2007, muncullah sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Twitter.Inc dan dipimpin oleh Jack Dorsey. Dari sinilah kemudian Twitter menapaki puncak popularitas di saat konferensi South By South West Interactive di tahun 2007 dengan pengguna Twitter mencapai 20,000 dan 60,000 kicauan setiap harinya.

Popularitas Twitter meroket tinggi

                Seiring dengan berjalannya tahun, sejarah sosial media Twitter nampaknya mulai mendapati kesuksesan yang luar biasa dengan ditemukannya pertambahan pengguna Twitter setiap harinya dengan jumlah kicauan yang mencapai puluhan juta per harinya. Hal ini semakin meroket dengan adanya laporan pada 2010 yang menyatakan bahwa sebanyak 70,000 pengguna Twitter yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

                Dengan banyaknya pengguna Twitter dan kicauan yang dikirimkan setiap harinya menjadikan sejarah sosial media Twitter mencatat jika Twitter telah berhasil menapaki posisi peringkat ketiga dalam sejarah perkembangan sosial media di dunia. Lonjakan tersebut terjadi pada beberapa musim tertentu di saat banyak peristiwa populer terjadi seperti FIFA 2010 dengan laporan setidaknya ada 2,940 kicauan di setiap detiknya ketika Jepang berhasil dalam mencetak goal ke gawang Kamerun.

                Sejarah sosial media Twitter juga mencatat bahwa aplikasi ini juga sempat ‘jebol’ di saat sosok penyanyi pop dunia, Michael Jackson wafat pada 25 Juni 2009 silam. Dari sinilah kemudian perkembangan yang sangat pesat pada aplikasi Twitter terus dimulai hingga hari ini. Bahkan, seiring dengan berjalannya waktu di tahun 2011, Twitter memperkenalkan fitur fly yang mempermudah para pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Untuk terakhir kalinya, di 5 Juni 2012, Twitter memperkenalkan logo resminya berupa burung biru yang terbang.

Baca juga: Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat