Kumpulan Jenis Keris Tradisional yang Sangat Melegenda di Indonesia

Keris Tradisional

Tentunya banyak sekali jenis keris tradisional di Indonesia, pastinya Anda juga tidak asing lagi dengan keris. Keris sendiri merupakan salah satu bentuk senjata tikam yang termasuk dalam golongan belati, dimana senjata ini memiliki sudut yang runcing. Tentunya senjata yang satu ini sangat mudah ditemukan pada Indonesia bagian Barat hingga Tengah. Namun pada bagian pangkal senjata ini akan melebar  dan runcing pada bagian ujungnya.

Senjata ini juga tidak simetris mengingat pada bagian bilahnya terdapat bentuk kelokan, namun hal ini tidak merusak fungsi dari senjata ini. Sebab pada zaman dahulu keris ini digunakan sebagai senjata saat berduel maupun sebagai pelengkap. Akan tetapi saat ini keris digunakan untuk acara tertentu saja maupun dijadikan sebagai koleksi mengingat senjata ini merupakan salah satu simbol budaya.

Jenis Keris yang Melegenda

Terdapat beberapa jenis keris tradisional di Indonesia yang sangat melegenda, sebab jenis keris ini memiliki cerita dibalik pembuatannya maupun penggunaannya. Tidak heran jika keris ini begitu banyak dicari oleh para kolektor, apalagi banyak yang percaya bahwa keris ini memiliki kekuatan mistis. Oleh sebab itu berikut beberapa jenis keris yang wajib Anda ketahui yaitu:

1. Keris Mpu Gandring

Keris pusaka yang satu ini tentunya sangat melegenda karena berkaitan erat dengan kerjaan Singasari, keris yang satu ini dibuat oleh Mpu Gandring. Beliau merupakan salah satu pembuat keris yang sangat sakti, dimana jenis keris tradisional ini dipesan oleh Ken Arok. Ken Arok meminta keris ini diselesaikan dalam waktu 1 malam, karena sangat sakti beliau dapat menyelesaikan  keris ini.

Namun pada saat Ken Arok tiba, Mpu Gandring sedang mengerjakan sarungnya. Namun karena dianggap tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan baik maka Ken Arok membunuh Mpu Gandring, sebelum beliau mengutuk Ken Arok dimana keris tersebut akan meminta 7 nyawa dari keturunan Ken Arok. Tidak heran jika keris ini digunakan dalam perselisihan di kerjaan terutama untuk membunuh elit kerajaan.

2. Keris Kyai Condong Campur

Keris yang satu ini merupakan keris milik kerajaan Majapahit, dimana keris ini juga banyak disebutkan dalam cerita. Kononnya keris ini dibuat oleh 100 orang pembuat keris, dimana bahan dalam pembuatan keris ini bahannya diambil dari berbagai tempat. Oleh sebab itu banyak orang yang menganggap bahwa keris ini merupakan keris pusaka namun memiliki watak yang jahat.

3. Keris Kyai Mpu Sengkelat

Keris ini sendiri merupakan salah satu keris yang diciptakan pada saat era kerajaan Majapahati, dimana pembuat keris ini merupakan Mpu Supa Mandagri. Mpu Supa Mandagri merupakan salah satu murid dari Sunan Ampel, dimana keris ini terbuat dari cis yaitu merupakan tongkat besi yang biasanya digunakan dalam menggiring unta.

Besi tersebut didapatkan oleh Sunan Ampel ketika bermunajat dimana disebutkan bahwa besi tersebut milik Nabi Muhammad SAW, sehingga beliau berikan kepada Mpu Supa untuk dijadikan pedang. Namun karena Mpu Supa merasa sayang jika besi ini dijadikan pedang maka dibuatlah menjadi keris, namun Sunan Ampel tidak menerimanya sehingga memilih memberikan keris ini kepada Prabu Brawijaya V.

Melestarikan Keris Dengan Cara Mengenalnya

Karena banyak generasi muda yang menganggap berbagai jenis keris tradisional merupakan benda mistis maka tidak heran jika banyak generasi muda yang melupakan keris, apalagi juga banyak orang yang menganggap bahwa keris hanya sekedar senjata tajam pada raja saja. Padahal fungsi keris tidak hanya sebatas itu saja, dimana keris merupakan salah satu bentuk warisan budaya Indonesia. Terbukti banyak sekali raja zaman dahulu yang menggunakan keris sebagai senjata.

Keris Merupakan Senjata yang Mematikan

Berdasarkan dari legenda setiap keris tentunya membuktikan bahwa keris merupakan senjata tradisional yang mematikan. Hal ini terbukti dari cerita seluruh keris yang dapat membunuh orang sehingga tidak heran jika zaman dahulu banyak orang menggunakan keris sebagai senjata. Hal itu pula yang terjadi pada berbagai jenis keris tradisional yang melegenda di Indonesia, sehingga Anda wajib mengetahui ceritanya dimana keris tidak hanya merupakan benda mistis dan berupa pajangan saja.


Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *