Lima Kiat Sukses Berbisnis Online Lewat WhatsApp

bisnis online lewat whatsapp

bisnis online lewat whatsapp

Seiring berkembangnya teknologi bisnis online lewat whatsapp, kini tak kalah populer dibanding bisnis online melalui media sosial macam facebook atau instagram.  Sebagian orang mungkin berpikir bahwa whatsapp adalah aplikasi messenger padahal dari segi pengguna messenger juga masuk kategori media sosial. Jadi, whatsapp juga termasuk media sosial.

Dengan pengguna aktif yang mencapai 1,2 miliar di dunia, whatsapp sangat mungkin dijadikan sebagai saran promosi yang mumpuni. Penetrasi pasar semacam itu tak bisa diabaikan begitu saja. Namun, bagaimana cara efektif untuk menggunakan whatsapp sebagai media berbisnis? Di artikel ini akan dibahas tentang hal tersebut, tapi sebelumnya kamu akan diajak mengenal lebih dekat aplikasi whatsapp.

Apa Itu WhatsApp dan Cara Berbisnis Online Lewat Whatsapp

Whatsapp adalah sebuah aplikasi mobil yang dapat diunduh gratis melalui playstore atau applestore bagi pengguna iOS, yang menggunakan koneksi internet untuk berhubungan dengan orang lain melalui chat, voice call, atau video call. Selain itu, whatsApp juga memungkinkan kamu untuk berbagi file dan gambar.

Di Indonesia setidaknya ada 35,8 juta orang yang menggunakan whatsApp. Menduduki posisi kedua di bawah Google Play, whatsApp merupakan aplikasi chat paling populer di Indonesia. Di tahun 2014, Facebook mengakusisi whatsApp, tapi hingga kini pada whatsApp belum dikembangkan fitur pemasaran yang sama dengan facebook messenger.

WhatsApp memiliki bermacam versi. Ada versi mobile untuk android, iPhone, ponsel windows, serta Blackberry, ada pula versi web untuk PC Windows dan Mac. Namun, ketika pertama kali membuat akun whatsApp, kamu harus mendaftarkannya melalui ponsel. Satu nomor ponsel hanya bisa didaftarkan untuk satu akun. Jadi, satu nomor terikat dengan satu akun whatsApp.

Semua nomor telepon di kontak ponsel kamu yang sudah terdaftar sebagai pengguna whatsApp akan otomatis muncul di direktori whatsApp milikmu, jadi tidak perlu repot memasukkan kontak satu per satu. Di whatsApp kamu juga bisa membuat grup chat, berbagi gambar dan video, melakukan panggilan suara dan video, juga berbagi status.

Memanfaatkan WhatsApp Bussiness untuk Kelancaran Bisnis Online

Lebih dari 50 miliar pesan dikirim melalui aplikasi WhatsApp setiap harinya. Artinya setiap harinya selalu ada orang yang berkomunikasi melalui aplikasi satu ini, entah itu berkirim pesan biasa atau gambar maupun file, dan hampir semua orang memiliki whatsApp di ponsel mereka. Jadi, sangat wajar jika pelaku bisnis online mulai berpromosi lewat whatsapp.

WhatsApp dapat digunakan sebagai media berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Kamu dapat menggunakannya sebagai saluran pribadi untuk membicarakan bermacam hal yang tidak bisa dibicarakan lewat komentar facebook atau instragram maupun pesan chat kedua aplikasi tersebut. Dengan whatsApp kamu dapat menjalin hubungan pribadi dengan pelanggan yang tertunya akan bagus untuk bisnis.

Kiat Sukses Berbisnis Online Lewat Whatsapp

Untuk meningkatkan penjualan atau menjalin hubungan erat dengan pelanggan melalui WhatsApp diperlukan beberapa kiat cerdas. Sehingga kamu dapat mengobrol dengan lebih luwes dan bermakna serta dapat menghasilkan rupiah. Berikut 5 kiat sukses yang dapat kamu praktikkan agar dapat membuka prospek dan peluang penjualan melalui WhatsApp:

  1. Perbanyak teman di WhatsApp. Seperti kata orang dulu, banyak teman banyak rezeki. Semakin banyak teman yang kamu miliki di kontak whatsApp, maka semakin banyak orang yang bisa kamu prospek.
  2. Gantilah gambar pada whatsApp secara rutin. Sekarang sudah ada fitur status di WhatsApp, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk berbagi gambar produk yang kamu jual. Gantilah setiap hari atau setiap beberapa jam, tapi jangan terlalu sering.
  3. Buat grup whatsApp untuk memperluas jaringan bisnis.
  4. Usahakan menggunakan foto yang berbeda-beda. Jangan monoton apalagi sama dengan milik toko sebelah.
  5. Jangan sering melakukan broadcast, karena ini akan membuat orang-orang tidak terlalu senang kepada kamu karena merasa terganggu.

Sebagai seorang pebisnis kamu juga harus mematuhi kode etik yang berlaku. Berdaganglah dengan attitude yang baik sehingga orang lain akan senang kepada Anda. Itulah beberapa kita yang bisa kamu ikuti untuk memulai bisnis online lewat whatsapp, semoga bisa membantu dan melancarkan penjualan yang memberikan kamu banyak keuntungan.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat