Mengenal Lebih Jauh Kemunculan Dari Sosial Media Instagram

Sosial Media Instagram
Sosial Media Instagram

Sosial Media Instagram

Kepopuleran Instagram sebagai media sosial penampil foto nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna di seluruh dunia yang mencapai jutaan ribu lebih tersebut menjadikan Instagram banyak diminati oleh masyarakat dunia. Sayangnya, tidak semua orang memahami dengan baik sejarah tentang Instagram itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut sejarah singkat kemunculan dari aplikasi sosial media instragram tersebut.

Kilas balik penemuan Instagram

                Sebelum berbicara lebih jauh mengenai sejarah tentang Instagram, disebutkan bahwa Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial yang dilengkapi dengan banyak sekali fitur untuk melakukan edit foto hingga akhirnya memposting. Dengan cara ini, maka pihak pengunggah foto akan mendapatkan banyak sekali respon dari semua orang yang mengikutinya, mulai dari likes hingga comments.

                Terkait dengan sejarah tentang Instagram bermula dari berdirinya sebuah perusahaan startups yang dikenal dengan sebutan Burbn.Inc pada 2010 silam. Sebelumnya, Burbn.Inc yang dikelola oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger memiliki fokus yang sangat banyak yaitu HTML 5 mobile hingga akhirnya kedua CEO tersebut memutuskan untuk mengambil satu fokus saja.

                Dalam satu minggu percobaan, kedua pria tersebut telah berhasil membuat sebuah aplikasi yang di dalamnya bisa dibilang kurang sempurna. Aplikasi yang merupakan tonggak sejarah tentang Instagram ini bisa diluncurkan dalam iPhone yang sayangnya dengan banyaknya fitur tersebut keduanya sepakat mengurangi beberapa fitur yang ada. Dalam fokus tersebut, keduanya hanya memanfaatkan fitur foto, likes dan juga komentar. Dari sinilah kemudian muncul Instagram.

Asal usul nama Instagram

                Merujuk pada etimologi dari istilah Instagram itu sendiri disebutkan bahwa sejarah tentang Instagram bermula dari dua kata yang dalam hal ini adalah insta dan gram. Kata insta tersebut bisa diartikan sebagai instan layaknya kamera palaroid yang mampu menghasilkan gambar dalam waktu cepat. Sedangkan untuk kata gram berasal dari kata telegram yang merupakan aplikasi penyebar informasi yang sangat cepat.

                Berawal dari sinilah kemudian sejarah tentang Instagram mencatat adanya penggabungan dua istilah antara insta dan gram yang kemudian merujuk pada aplikasi sosial media yang mampu mengirimkan informasi berupa gambar dengan sangat cepat. Menariknya lagi, Instagram tersebut juga dilengkapi dengan adanya fitur pengunggah foto secara instan dengan memanfaatkan ketersediaan jaringan internet.

                Terkait dengan sejarah tentang Instagram, kedua belah CEO tersebut kemudian mencoba untuk mendesain sebuah logo yang akan dijadikan sebagai icon dari Instagram itu sendiri. Hingga pada akhirnya, di tahun 2016 silam, sebuah logo Instagram yang terlihat lebih stylish dengan bentuk menyerupai kamera tersebut diluncurkan untuk pertama kalinya dan digunakan hingga saat ini.

Cara kerja Instagram

                Sedangkan mengenai cara kerja dari Instagram itu sendiri, tanpa mengabaikan sejarah tentang Instagram, dikatakan bahwa seorang pengguna Instagram bisa mengambil foto secara langsung atau menggunggahnya dari penyimpanan pada ponsel. Selanjutnya, foto tersebut juga bisa diedit dengan memanfaatkan fitur yang ada hingga akhirnya para pengguna Instagram bisa menuliskan caption ataupun pesan tertentu terkait foto yang akan diposting.

                Popularitas dari foto yang diunggah dari sebuah sosial media Instagram ini bisa ditandai dengan banyaknya jumlah likes ataupun ramainya komentar yang ada pada foto tersebut. Tentu saja untuk mendapatkan semua itu, maka seseorang harus memiliki banyak sekali pengikut demi mendapatkan baik itu likes ataupun komentar. Disinilah tolok ukur popularitas seseorang dalam sosial media Instagram.

                Tidak hanya itu saja, melalui sejarah tentang Instagram ini juga, seseorang juga bisa membagikan pesan melalui direct message yang memang sudah menjadi fitur dari Instagram itu sendiri. Selain itu, ada juga fitur menarik lain yang berupa instastory yang akan membagikan aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh pihak pengguna Instagram tersebut.

                Kini Instagram sudah banyak digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari membagikan moment terbaik dengan keluarga ataupun juga sebagai internet marketing. Seiring dengan perkembangan zaman tersebutlah kemudian sejarah tentang Instagram yang sempat mengalami naik turun tersebut kini telah mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat dunia. Sampai saat ini tercatat setidaknya 3,5 miliar lebih per awal 2019. Tentu saja angka yang cukup fantastis tersebut sudah cukup menunjukkan popularitas dari Instagram itu sendiri.

Baca juga: Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Baca juga: Cara Mengoptimasi Website Agar No 1 di Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat