Mengenal Tari Jawa Tengah Klasik yang Sangat Unik

Tarian Jawa Tengah

Tari Jawa Tengah Klasik

Berbicara tentang tarian, tentunya terdapat tari Jawa Tengah klasik. Tarian dari daerah ini memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri, apabila dibandingkan dengan tarian dari daerah lain. Sebab karena Indonesia kaya akan budaya membuat setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri pada budayanya, sehingga hal inilah yang membuat tarian setiap daerah memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu karena tarian pada daerah Jawa Tengah banyak maka terdapat berbagai gerakan yang indah, jadi sebagai salah satu bentuk dari warisan budaya maka Anda harus mengenal dengan baik mengenai tarian ini terutama jika Anda merupakan masyarakat Jawa Tengah. Hal ini bertujuan agar tarian ini bisa dikenal luas oleh masyarakat sehingga tidak akan hilang ditelan zaman.

Kumpulan Tarian Jawa Tengah yang Wajib Diketahui

Berikut beberapa tari Jawa Tengah klasik yang wajib untuk Anda ketahui, karena tarian ini juga banyak ditampilkan ketika acara tertentu. Jadi dengan mengenal tarian ini maka tidak hanya melestarikan budaya namun juga bisa menjadi tempat mencari pendapatan karena banyak orang yang membutuhkan penari tarian ini. Berikut beberapa tari Jawa Tengahyang harus Anda ketahui yaitu:

1. Tari Bedhaya Ketawang

Tarian yang satu ini klasik asal keraton Surakarta, tentunya tarian ini tidak bisa sembarangan ditampilkan. Karena tarian ini hanya bisa ditampilkan pada acara penting dan resmi, salah satunya adalah pada saat hari penobatan raja maupun hari peringatan dalam kenaikan tahta.  Tentunya terdapat makna di balik tarian ini, dimana tarian ini memberikan makna dan gambaran mengenai asmara Ratu Kidul dan Raja Mataram.

Hal ini tentunya digambarkan dari gerakan tangan dan seluruh tubuh para penari, untuk lama tarian ini ditampilkan memakan waktu 1,5 hingga 2 jam. Serta dalam tari Jawa Tengah klasikini akan diiringi dengan seperangkat gamelan khusus. Bahkan saking sakralnya tarian ini para penarinya haruslah masih suci dan tidak boleh dalam keadaan sedang haid ketika menarikan tari ini.

2. Tari Serimpi Sangupati

Untuk tarian ini sebenarnya tidak hanya pada keraton Surakarta saja namun juga keraton Yogyakarta. Salah satu jenis tarian Serimpi di Surakarta adalah tari Serimpi Sangupati ini, dimana tarian ini lahir ketika masa penjajahan Belanda. Tidak heran jika tema dari tarian ini adalah tema perjuangan masyarakat pada saat itu. Hal inilah yang membuat gerakan pada tarian ini terlihat tegas.

Serta gerakannya memperlihatkan perjuangan melawan penjajahan Belanda pada saat itu, khususnya dalam perlawanan dalam menggagalkan perjanjian antara pihak Belanda dan Indonesia. Hal ini bertujuan agar Surakarta tidak melepaskan daera pesisirnya kepada pihak Belanda. Selain itu karena bertema perjuangan tidak heran terdapat properti pistol dalam tarian ini serta untuk melambangkan kesucian maka para penari akan menggunakan sampir bewarna putih.

Pentingnya Mengenal Tarian Tersebut

Tentunya mengenal tari Jawa Tengah klasik sangat penting, sebab tarian tersebut merupakan salah satu warisan budaya Jawa Tengah sehingga haruslah dilestarikan. Dengan memperkenalkan tarian tersebut kepada generasi muda maka mereka akan tau sehingga akan terus meneruskannya kepada generasi yang akan datang sehingga tarian ini tidak hanya hilang begitu saja.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali generasi muda yang menyukai budaya Barat dan meninggalkan budaya mereka sehingga budaya asli Indonesia akan hilang dengan sendirinya karena tidak ada yang meneruskan dan tidak ada yang mengenalkan kepada generasi yang akan datang. Apalagi tarian ini memiliki makna yang sangat dalam sehingga sangat disayangkan jika hilang begitu saja.

Setiap Tarian Tentunya Memiliki Makna Tersendiri

Walaupun hanya berupa gerakan badan dan tangan, namun sebenarnya setiap tarian memiliki makna tersendiri. Jadi nantinya para penonton bisa mengambil makna tersebut dapat mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu sangat salah jika tarian hanya sekedar menggerakkan badan dan tangan saja.

Apalagi beberapa tarian di Jawa Tengah termasuk dalam tarian yang sakral dan tidak bisa asal saja dalam memainkannya. Oleh sebab itu sebagai generasi muda Anda wajib untuk mengenal tari Jawa Tengah klasik ini bahkan tarian dari seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat