Mengulik Sejarah Di Balik Berdirinya Youtube

sejarah berdirinya youtube
Berdirinya Youtube
Berdirinya Youtube

Sekilas tentang sejarah YouTube

                Situs jejaring sosial YouTube kini telah mendunia dan sudah banyak memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Hal ini terlihat dari banyaknya youtubers yang bermunculan dengan penghasilan yang mencapai jutaan dollars. Pasalnya, banyak sekali video yang bisa dimonetisasi hingga menghasilkan uang dengan nominal yang cukup menguntungkan. Namun demikian, tidak banyak orang yang tahu mengenali asal mula YouTube yang kini sedang naik popularitasnya.

Sekilas tentang sejarah YouTube

                Terkait dengan asal mula YouTube, dikatakan bahwa YouTube merupakan sebuah situs video sharing yang didirikan untuk pertama kalinya pada Februari 2005. Dalam pendiriannya, situs tersebut dipunggawai oleh 3 karyawan PayPal yang dalam hal ini adalah Chad Hurley, Jawed Karim dan Steve Chen. Disebutkan bahwa Chad Hurley merupakan sosok mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di jurusan desain tepatnya di Univeristy of Pennsylvania sedangkan Jawed Karim dan Steve Chen adalah mahasiswa di University of Illinois dengan mengambil jurusan ilmu computer.

                Mencuatnya ide asal mula YouTube tersebut bermula dari kesulitan yang dialami oleh Steve Chen dan Chad Hurley saat ingin membagikan video pesta makan malam yang berlangsung di apartemen milik Chen. Pasalnya Jawed saat itu tidak mengikuti pesta makan dan baik Steve dan Chad ingin membagikan video mereka. Berawal dari sinilah kemudian mencuat ide tentang pembuatan situs video sharing melalui YouTube.

Untuk pertama kalinya, sebuah video yang berhasil diunggah adalah ‘’Me at Zoo” yang mana video tersebut menampilkan sosok Jawed Karim yang berada di sebuah kebun binatang tepatnya di depan kandang gajah. Tidak banyak yang diucapkan oleh Jawed Karim dalam video tersebut dan dirinya hanya menampilkan binatang Gajah yang memiliki kelebihan belalainya panjang.

                Mengenai asal mula YouTube ini, dikatakan juga bahwa perusahaan tersebut dulunya sempat memiliki markas di lantai atas sebuah restaurant Pizza serta Jepang  yang ada di San Mateo, California. Di sinilah ketiga pria tersebut mulai mendiskusikan bagaimana situs yang telah mereka rancang bisa mendunia dan mampu menyita perhatian public untuk terus menggunakannya.

                Selanjutnya, mengenai asal mula YouTube, pada Mei 2005 YouTube kembali melakukan beta test yang kemudian disusul dengan peluncuran YouTube pada November 2005. Dalam kurun waktu 8 bulan lamanya, tercatat setidaknya 65,000 video baru telah berhasil diunggah oleh para pemilik akun di YouTube dengan jumlah pengunjung mencapai 100 juta setiap harinya.

Asal mula nama YouTube

                Terkait dengan asal mula YouTube tersebut juga berkaitan dengan bagaimana nama YouTube itu bisa muncul. Dalam hal ini, disebutkan bahwa website www.YouTube.com sempat menuai kontroversi karena munculnya situs yang hampir sama yaitu www.utube.com. Saat itu juga, pihak Universal Tube & Rollform Equipment sempat mengajukan adanya gugatan kesamaan nama situs tersebut pada November 2006.

                Pengajukan gugatan tersebut dilakukan setelah mengetahuinya penurunan kunjungan pada situs www.utube.com dan beralih pada www.YouTube.com. Untungnya, permasalahan tersebut bisa terselesaikan dengan baik hingga ada bulan Oktober 2006, Google. Inc melakukan pembelian atas situs tersebut dengan nominal yang mencapai 1,65 miliar dollar. Terkait dengan asal mula YouTube kemudian berlanjut dengan pengkonsumsiannya bandwidth situs YouTube yang sangat besar dan menyamai bandiwidth internet di dunia pada tahun 2000.

                Mengejutkannya lagi, pada bulan Juni 2008, sebuah majalah kenamaan Forbes melaporkan bahwa situs YouTube telah berhasil meraup pendapatan yang sangat besar dengan nominal mencapai 200 juta dollar. Hingga akhirnya, di tahun yang sama YouTube berhasil menyabet penghargaan yang sangat bergengsi yaitu George Foster Peabody Award karena telah berhasil menjadi Speakers Corners. Dengan kata lain, YouTube telah berjasa dalam memberikan kebebasan untuk membangun demokrasi sekaligus juga kebebasan dalam berpendapat.

                Asal mula YouTube memang sangat panjang dan melibatkan tiga pria yang berambisi bagaimana dirinya bisa meng-share video pesta makan malam. Selanjutnya, dengan penelitian yang sangan panjang dan berbagai percobaan, kini muncullah situs YouTube yang memberikan ruang bagi para youtubers untuk mengekspresikan diri hingga mampu melakukan monetisasi yang menghasilkan uang jutaan dolar serta melakukan pekerjaan internet marketing bagi para pelaku bisnis. Tentu saja hal ini menjadi penemuan menarik di dalam dunia internet.

Baca juga: Sejarah berdirinya Facebook

Baca juga: Cara bisnis dengan Youtube Adsense

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *