Nikmati Keuntungan Bisnis Online Lewat Facebook

Bisnis online lewat faceboom

Bisnis Online Lewat Facebook

Menjalankan bisnis online lewat facebook kini menjadi pilihan sebagian besar pemilik usaha. Karena facebook merupakan media sosial yang paling banyak diakses dan digunakan oleh pengguna internet. Selain itu, penggunaan facebook begitu mudah sehingga berbisnis online dengan facebook lebih mudah dalam melakukan promosi juga membuat sebuah page promosi.

Di zaman yang serba canggih ini, banyak yang bisa kamu lakukan dengan bermodal halaman facebook, salah satunya dengan menjadikan halaman tersebut sebagai lapak usaha. Pertumbuhan pengguna facebook yang kian tahun kian meningkat menjadikan facebook merupakan lahan yang bagus untuk melakukan promosi usaha, apa pun jenis usahanya.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan facebook agar dapat menjadi tempat promosi yang mampu meningkatkan keuntungan usahamu? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa langkah yang bisa kamu lakukan guna mengoptimalkan manfaat facebook sebagai lahan promosi usaha, yang tentunya dapat meningkatkan angka penjualan serta keuntungan bisnis yang kamu jalankan.

Memanfaatkan Halaman untuk Bisnis Online Lewat Facebook

Salah satu fasilitas yang dimiliki facebook yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnis online lewat fb adalah halaman atau fanspage. Membuat halaman facebook yang berkaitan dengan usaha kamu akan sangat membantu. Nantinya fanspage ini bisa kamu isi dengan promosi, penjelasan produk yang kamu pasarkan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan usahamu.

Kamu bisa mengundang teman-temanmu untuk menyukai halaman facebook tersebut. Bisnis online lewat facebook cara ini lebih baik daripada memakai jasa jual-beli like. Dengan membeli like kamu akan dengan mudah menaikkan rating fanspage yang dimiliki, tapi kamu tidak benar-benar tahu siapa saja likers yang ada di sana sehingga tidak bisa menjalin hubungan dengan baik dengan mereka.

Lakukan pengelolaan yang baik. Jawablah semua pertanyaan, baik itu berupa komentar atau pesan private secepat mungkin sebab orang-orang lebih suka dengan melakukan transaksi dengan pebisnis yang pelayanannya baik serta dapat merspon dengan cepat. Jangan lupa untuk membagikan setiap postingan di fanspage ke akun facebook kamu juga ubah setingannya ke public sehingga semua orang dapat melihatnya.

Pentingnya Interaksi dengan Audiens Demi Kelancaran Bisnis Online

Seperti dikatakan pada poin sebelumnya bahwa kamu harus bersikap baik dan fast respon pada setiap audiens yang mampir di fanspage bisnismu, karena hal ini sangat berguna untuk menjaga hubungan baik dalam bisnis online lewat facebook. Dengan berinteraksi dengan audiens, kamu juga dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan produk yang kamu tawarkan.

Buat atau bagikan artikel informatif yang berhubungan dengan produkmu. Kamu juga harus rajin membuat status yang menarik. Sering-seringlah bercanda dengan audiensmu, jangan pasif. Jangan gunakan fanspage sebagai tempat curhat. Ingat, kamu mau berbisnis bukan berkeluh-kesah pada followermu. Atur pula postingan yang kamu bagikan, jangan terlalu sering atau terlalu sedikit.

Berbisnis Online Lewat Facebook dengan Menggunakan Toko Facebook

Selain fanspage, facebook juga menyediakan platform untuk toko online. Jadi, ada satu opsi lagi yang bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin sebagai tempat promosi. Nah, toko online ini juga bisa disatukan dengan halaman. Namun, toko online di facebook berbeda dengan yang ada di marketplace macam Tokopedia, Shoope atau Bukalapak.

Di toko online facebook kamu hanya dapat memasang etalase barang yang dijual. Ketika ada yang berminat untuk membeli akan diarahkan ke pesan dan kamu cukup membalas pesan tersebut untuk menindaklanjuti transaksi. Jadi, toko online yang facebook sediakan hanyalah sebagai sarana saja, untuk masalah penjualan, pembayaran, maupun pengiriman akan diurus langsung oleh pemilik toko.

Manfaatkan Akun Sosial Media Lain untuk Mendukung Bisnis Online

Nah, selain menggunakan facebook kamu juga perlu menggunakan media sosial lainnya, seperti instagram, twitter atau whatsapp. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu promosi juga agar bisnis makin lancar dan menguntungkan. Buatlah akun media sosial yang saling berhubungan sehingga mudah mengelolanya. Memiliki banyak akun memang bagus, tapi yang patut diutamakan adalah interaksi dengan audiens.

Kamu juga bisa memanfaatkan iklan facebook, tapi sesuaikan dengan anggaran. Tenang saja, facebook tidak tebang pilih dalam menayangkan iklan. Bukan hanya orang berduit yang dapat beriklan di sana. Facebook akan menentukan titik dan durasi kemunculan iklan. Demikian infomasi mengenai bisnis online lewat facebook semoga dapat bermanfaat bagi kamu.

Motto: “Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar pengusaha”

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat