Sejarah Di Balik Perusahaan Raksasa, Google

Seajarh berdirinya Google

Sejarah Berdirinya Google

                Sebuah mesin pencarian kenamaan Google sudah sangat mendunia sebab hampir setiap harinya, semua orang di dunia mencari berbagai informasi melalui Google. Namun, siapa sangka jika kemunculan Google ini membawa cerita yang sangat panjang hingga akhirnya bisa mendapatkan popularitas dan pendapatan milyaran dolar di setiap bulannya. Tidak banyak yang tahu asal mula Google hingga bisa mendunia seperti ini.

Awal Mula Kemunculan Google

                Mengenai asal mula Google, tercatat adanya pertemua dua pria yaitu Sergey Brin dan Larry Page di Stanford University. Disebutkan bahwa Larry yang saat itu berusia 22 tahun merupakan alumni dari Universitas Michigan. Pertemuan tersebut berawal dari Sergey yang saat itu berusia 21 tahun memiliki mandat menamani Larry untuk melihat seluk beluk Universitas Stanford.

                Dari pertemuan tersebut, asal mula Google kemudian mulai merambah pada kolaborasi diantara dua pria tersebut pada 1996 dalam menciptakan mesin telusur yang pada saat itu dikenal dengan sebutan BackRub. Dalam perkembangannya, mesin telusur tersebut digunakan oleh pihak Stanford selama kurang lebih setahun dengan didapatinya bahwa mesin tersebut nampaknya terlalu banyak memakan bandwidth.

Perubahan BackRub menjadi Google

                Di tahun 1997, Larry dan juga Sergey memutuskan untuk mengubah BackRub dengan istilah Googol. Mencuatnya istilah Googol tersebut berasal dari istilah Matematika atas angka 1 yang kemudian diikuti dengan 100 angka 0. Dari asal mula Google inilah kemudian nama tersebut dimaksudkan untuk merujuk pada misi Google itu sendiri sebagai gudang informasi yang tidak ada batasnya dalam dunia internet.

                Sayangnya, beberapa investor melakukan kesalahan pengejaan hingga akhirnya menyebut istilah Googol menjadi Google. Berawal dari sinilah asal mula Google kemudian mulai dikenal hingga akhirnya Larry dan juga Sergey memutuskan untuk menggunakan nama tersebut di tahun 1997. Selanjutnya, Google.com akhirnya terdaftar secara resmi dalam sebuah domain sejak 15 September 1997.

                Di sepanjang 1998, baik Larry serta Sergey mulai melakukan penyempurnaan pada Google hingga keduanya memutuskan untuk mencari investor yang berkenan dalam mengembangkan kecanggihan dari Google itu sendiri. Masih berkaitan dengan asal mula Google, akhirnya dua pria tersebut mendapatkan suntikan dana yang cukup besar dari Andy Bechtolsheim yang merupakan teman satu kampus sekaligus pendiri dari Sun Microsystems melalui pertemuan di pagi hari di depan asrama Stanford.

                Dengan dana sebesar 100 ribu dollar, Andy akhirnya berkenan untuk menjadi investor dari perusahaan Google tersebut setelah kedua pria, Larry dan Sergey melakukan demo singkat atas proyek yang sedang digarap. Sayangnya, dalam cek yang diberikan oleh Andy tersebut tertulis perusahaan Google, sementara Sergey dan Larry belum memiliki perusahaan tersebut. Dari sinilah kemudian, keduanya mencari investor lagi hingga akhirnya terkumpul 1 juta dollar untuk membangun sebuah perusahaan.

                Pada 4 September 1998, Google akhirnya berhasil dalam mendirikan sebuah perusahaan swasta dengan misinya untuk berusaha mengumpulkan banyak sekali informasi dari berbagai belahan dunia hingga akhirnya bisa diakses oleh semua orang dan memberikan manfaat yang besar bagi siapapun juga. Dalam perkembangannya, asal mula Google ini juga sempat meluncurkan slogan tidak resminya yaitu “Don’t be evil”.

Perjalanan Google dari tahun ke tahun

                Dari tahun ke tahun, Google mengalami perubahan ke arah positive. Sebagai contoh di tahun 1999 perusahaan tersebut kembali mengumumkan bahwa pihaknya baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar 5 juta dollar dari Kleiner Perkins dan Sequota Capital. Tidak hanya itu saja, berkaitan dengan asal mula Google, di tahun 2000, Google mulai merintis mesin pencarian tersebut dalam beberapa bahasa seperti Spanyol, Belanda, Italia, Suomi, Perancis, Portugis, Jerman dan beberapa bahasa lainnya yang masuk dalam 150 bahasa lainnya.

                Di tahun 2001, terkait dengan asal mula Google kemudian mengalami perkembangan atas diberikannya hak paten atas pemeringkatan Google oleh pihak Amerika Serikat secara resmi melalui Leland Stanford University dengan mencantumkan Lawrence Page sebagai pencipta. Di tahun 2003, Google memutuskan membeli Pyra Labs yang merupakan website pionir sekaligus pemimpin hosting weblog.

                Dari sini, asal mula Google juga mengalami kejayaan tepatnya di tahun 2004 dengan tercatatnya 80% pencarian dilakukan melalui Google. Hingga akhirnya di tahun 2012 silam, Alexa menyebutkan bahwa Google menjadi situs website yang paling banyak mendapatkan kunjungan dari pengguna internet di seluruh dunia.

Baca juga: Cara Mengoptimasi Website Agar No 1 di Google

Baca juga: Nikmati Keuntungan Bisnis Online Lewat Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat