Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly
Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly

Pernahkah kamu mendengar tentang artikel SEO friendly? Jika iya, tahukah kamu apa pengertiannya dan apakah artikel tersebut berbeda dengan artikel biasa? Untuk kamu yang belum tau apa yang dimaksud artikel SEO dan bagaimana cara membuatnya, simak ulasan berikut mengenai cara menulis artikel SEO.

Pertama-tama, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan SEO itu. Nah, SEO (search engine optimizer) atau dalam jika di bahasa Indonesia berarti pengoptimalan mesin telusur. Mesin telusur di sini bisa Google, Bing, atau Yahoo. Jadi, dapat dikatakan bahwa SEO friendly adalah artikel yang isinya mengandung kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari.

Perbedaan Artikel Biasa dengan Artikel SEO Friendly

Kedua jenis artikel ini sebenarnya tidak jauh berbeda dalam segi penulisan. Keduanya sama-sama mengharuskan kamu mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisannya. Memperhatikan kesesuaian judul dan isi serta penggunaan tanda baca. Hanya saja ada perbedaan dalam penggunaan keyword, yaitu kata kunci agar dikenali mesin pencari.

Jika artikel biasa ditulis tanpa memperhatikan kaidah penulisan artikel SEO dan tanpa keyword. Sehingga walaupun isi artikel biasa ini bagus, tapi tidak bisa dijamin artikel tersebut bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Sedangkan, artikel SEO Friendly mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Google sehingga memiliki kemungkinan besar berada di halaman pertama mesin pencari.

10 Langkah Menulis Artikel yang SEO Friendly

Untuk membuat sebuah artikel SEO sebenarnya tidaklah sulit. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti langkah-langkah penulisannya yang benar agar dapat menghasilkan artikel yang bagus untuk SEO. Berikut akan dipaparkan cara penulisan artikel SEO yang dapat dipraktikkan oleh kamu yang masih awam dalam penulisan artikel:

  1. Gunakan keyword yang memiliki kemungkinan tinggi dicari oleh audiens Anda.

Langkah pertama sebelum menulis artikel adalah mencari dan menentukan keyword atau kata kunci yang mungkin dicari oleh audiens Anda. Oleh sebab itu, Anda harus tahu dan mengerti siapa audiens yang Anda tuju, siapa saja yang akan membaca blog Anda.

  • Pastikan artikel yang Anda posting menjawab pertanyaan pencari

Usahakan membuat artikel SEO Friendly selengkap mungkin agar dapat menjawab pertanyaan pembaca.

  • Gunakan focus keyword

Focus keyword akan membuat artikel Anda berada di halaman pertama pencaria Google, tapi patut diingat dalam penggunaanya lakukanlah sewajarnya. Sebab jika berlebihan akan menurunkan kualitas artikel Anda.

  • Pastikan artikel yang dibuat layak baca

Ikutilah kaidah penulisan yang baik dan benar, serta usahakan memeriksa artikel Anda sebelum mempublikasikannya.

  • Perhatikan elemen penting blog

URL, judul blog, dan heading, adalah tiga komponen blog yang harus diperhatikan. Buatlah judul artikel yang menarik dan singkat, tapi menggambarkan artikel Anda. Masukkan keyword ke dalam judul Anda, juga di salah satu heading artikel.

  • Optimasi gambar

Pastikan gambar yang Anda gunakan dalam artikel sesuai dengan topik yang diangkat. Juga perhatikan ukuran gambar, memperkecil size gambar akan mengurangi loading page.

  • Konsisten

Pastikan Anda mengunggah artikel SEO Friendly secara konsisten. Blog yang aktif akan mendapat penilaian lebih dari Google.

  • Gunakan panjang artikel yang optimal

Pastikan panjang artikel Anda setidaknya 300 dan maksimal 2.500 kata.

  • Bagian pembuka

Mulailah artikel dengan kalimat pembuka yang meyakinkan pembaca bahwa artikel yang Anda tulis akan menjawab pertanyaan mereka.

  1. Paragraf singkat

Artikel yang memiliki paragraf singkat dan pendek akan memudahkan pembaca memahami apa yang Anda sampaikan.

Penempatan Keyword yang Optimal untuk Artikel SEO Friendly

Artikel SEO yang baik bukanlah artikel yang dipenuhi keyword. Keyword memang merupakan elemen penting, tapi tidak boleh ditempatkan secara berlebihan. Ada aturan tersendiri berapa banyak keyword yang boleh dimasukkan dalam sebuah artikel SEO. Normalnya, jumlah pengulangan keyword hanya 1,5% dari total kata yang ditulis. Jumlah ini adalah yang paling sesuai untuk artikel SEO.

Kesimpulannya, dalam membuat sebuah artikel SEO selain memperhatikan tentang penempatan keyword, kamu juga harus membuat artikel yang layak dan nyaman dibaca dengan mematuhi kaidah bahasa dengan baik. Membuat artikel SEO friendly sebenarnya mudah, jika kamu sudah mengetahui bagaimana cara menulisnya dengan benar dan tetap mengutamakan kenyamanan pembaca dalam membuatnya.

Baca juga: Ayo mulai bisnis online dengan biaya murah dan keanggotaan seumur hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat