Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Instagram

Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Instagram

Berbisnis Online Lewat Instagram

Mungkin tidak memulai bisnis online lewat Instagram? Jawabannya, mungkin saja. Sudah banyak orang membuktikan bahwa media sosial dapat digunakan sebagai sarana berbisnis dan sukses menjalankannya. Jadi, kamu pun dapat memulai dan meraup keuntungan dengan berbisnis secara online. Caranya dengan memanfaatkan akun instagram yang kamu miliki.

Bisnis merupakan sebuah aktivitas untuk melayani kepentingan orang banyak yang dengan melakukannya kamu akan mendapatkan keuntungan, nama baik dan potensi untuk terus berkembang. Menilik dari definisi ini, maka penggunaan instagram sebagai lahan promosi usaha sangat bisa dilakukan. Kuliner, produk kecantikan, souvenir hingga akun-akun yang menawarkan jasa sudah banyak di instagram.

Jika instagram tak dapat menjadi media yang membantu mereka berpormosi, pastilah mereka tidak akan capek-capek membuat postingan berisi promosi produk atau usaha mereka. Untuk dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka yang sudah memiliki omset jutaan hingga ratusan juta rupiah sebulan, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Berikut akan dijelaskan hal-hal dasar yang harus kamu.

Memanfaatkan Akun Instagram Bussiness untuk Bisnis Online Lewat Instagram

Seperti halnya facebook yang menyediakan akun pribadi dan fanspage, Instagram juga menyediakan akun untuk personal dan bisnis. Kalau kamu sudah memiliki akun personal diinstagram kamu dapat mengupgradenya ke akun bisnis secara gratis. Namun, kamu juga bisa membuat akun bisnis sendiri jika tidak ingin menggunakan akun yang sudah dimiliki.

Sebenarnya, dari sisi tampilan profil akun instagram bisnis tidak jauh berbeda dengan akun instagram personal, hanya saja ada tambahan fitur yang lebih informatif pada jenis akun bisnis. Pun terdapat fitur kontak untuk memudahkan calon pembeli menghubungi pemilik bisnis. Ada pula running ads dan fitur insta story yang dapat dijadikan sebagai tautan (link) pada akun bisnis.

Dengan tersedianya fitur-fitur yang dapat membantu promosi bisnismu, memiliki akun bisnis online lewat Instagram merupakan pilihan yang bijak. Dengan berpromosi di media sosial yang digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di dunia, kemungkinan usahamu dikenal akan semakin tinggi. Lagi pula, berpromosi di instagram memerlukan biaya yang lebih rendah daripada beriklan di media cetak dan televisi.

Mengoptimalkan Postingan untuk Menjaga Kesinambungan Bisnis

Setidaknya, ada 400 juta akun aktif di instagram, maka bisa kamu bayangkan berapa banyak postingan yang dibuat setiap jamnya. Nah, jika kamu jarang muncul atau hanya hadir sekali-sekali bagaimana bisnismu dapat dikenal? Akan sangat sulit untuk bersaing dengan kompetitor jika kamu tidak memosting informasi produk atau bisnismu secara berkala.

Namun, kamu juga tidak boleh membuat postingan sembarangan. Perhatikan foto dan caption yang kamu pakai agar hasilnya optimal. Selain itu, ada beberapa cara untuk meroptimalkan postingan dan caption instagram kamu untuk meningkatkan kesan dan ketertarikan viewer sehingga menimbulkan keinginan membeli. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk bisnis online lewat Instagram:

  • Gunakan hashtag yang sesuai dan umum digunakan.
  • Minta followers menuliskan sesuatu di kolom komentar.
  • Ajukan pertanyaan terbuka yang meminta respon dari followers.
  • Posting quotes dan video yang tengah viral.
  • Buatlah personal story yang memiliki sisi emosional.

Jalin Komunikasi dengan Followers Guna Meningkatkan Bisnis Online

Satu hal yang tak boleh kamu lupakan, bahwa media sosial merupakan tempat bersosialisasi dan instagram adalah media sosial. Jadi, kamu tidak harus selalu berjualan, tapi juga perlu berkomunikasi dengan followersmu. Berjualan bisa dilakukan setelah bersosialisasi. Jangan hanya memosting jualan kamu, tapi masukkan juga konten yang bagus dan bermanfaat.

Dengan konten yang bagus dan bermanfaat, orang akan memberi perhatian lebih pada postinganmu, bahkan membagikan konten tersebut kepada orang lain. Ini juga bisa menjadi promosi untuk akunmu. Jadi, selalu ingat bahwa target utama kamu diinstagram adalah bersosialisasi sambil berjualan. Hal inilah yang menjadi prioritasmu.

Nah, itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin menjadikan instagram sebagai lahan promosi bisnis untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Selain instagram kamu juga bisa menggunakan facebook, twitter atau whatsapp, sebagai media promosi. Semoga informasi ini berguna dan membuat kamu bersemangat untuk memulai bisnis online lewat Instagram.

Baca juga: SUDAH SAATNYA MEMILIKI BLOG/WEB PRIBADI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat