Cara Memasak Gudeg Asli Yogyakarta - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Cara Memasak Gudeg Asli Yogyakarta

Cara Memasak Gudeg Asli Yogyakarta

Cara memasak gudeg
Gudeg

Cara Memasak Gudeg Asli Yogyakarta

Kalau berbicara mengenai kuliner Yogyakarta, mungkin gudeg akan terlintas dalam benak Anda. Makanan khas Yogyakarta ini memang sudah sangat terkenal. Terbuat dari bahan dasar nangka, gudeg menjadi menu yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Yogyakarta. Tapi sebenarnya bagaimana cara memasak gudeg? Nah coba simak di sini.

Sekilas Sejarah Gudeg Yogyakarta

Gudeg memang sudah sejak lama ditemukan. Menurut catatan, makanan ini disukai oleh segala golongan, mulai dari rakyat biasa, pegawai keraton, bangsawan, hingga para raja. Saat ini, gudeg juga masih banyak diburu oleh wisatawan, baik untuk dinikmati maupun dijadikan oleh-oleh.

Gudeg memiliki sejarah yang makan. Bahkan makanan ini sudah ada sejak masa Panembahan Senopati yang mendirika Kesultanan Mataram Islam. Artinya, resep gudeg sudah ditemukan sebelum Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta berdiri.

Saat akan mendirikan Kesultanan Mataram Islam, Panembahan Senopati harus membuka hutan belantara yang kelak dikenal dengan nama Yogyakarta. Rupanya di hutan tersebut banyak terdapat pohon nangka dan kelapa.

Daripada terbuang, nangka muda dan kelapa diolah sebagai santapan. Pada proses memasaknya, nangka muda ditambah dengan santan, gula aren, berbagai macam bumbu, dan rempah-rempah. Semua itu dimasak dalam kuali besar dan diaduk-aduk menggunakan sendok besar. Karena proses pemasakan tersebut,tercetuslah istilah hangudeg yang berarti “diaduk-aduk”. Makanan tersebut akhirnya dikenal dengan sebutan gudeg.

Gudeg juga ternyata cukup akrab di Surakarta, karena Kesultanan Mataram Islam nantinya terbelah menjadi dua, yakni Yogyakarta dan Surakarta. Proses penyebaran gudeg di lingkungan Kasunanan Surakarta bisa diketahui dari Serat Centhini (1814-1823).

Selain itu, dalam Serat Jatno Hisworo diriwayatkan bahwa Raja Surakarta, Pakubuwana IX (1861-1893), pernah memborong nasi gudeg dan nasi liwet. Kedua makanan tersebut untuk menjamu rombongan kesenian yang akan ke istana untuk menampilkan musik karawitan.

Resep Memasak Gudeg

Kalau Anda tinggal di luar Jogja, mungkin sulit menemukan gudeg sehingga perlu membuatnya sendiri di rumah. Memang dibutuhkan kesabaran saat membuatnya, namun demi sebuah masakan enak, tidak masalah bukan?

Bahan utama yang dibutuhkan adalah:

  • 800 gram nangka muda
  • 1/2 ekor ayam
  •  1 L air kelapa muda
  • 1 L santan
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jati

Sedangkan bumbu yang dibutuhkan adalah:

  • 15 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri
  • 2,5 sendok makan
  • 135 gram gula merah 6
  • Garam secukupnya

Selanjutnya, cara memasak gudeg seperti yang tertera di bawah ini.

  1. Bersihkan nangka yang sudah disiapkan dan potong-potong nangka ketebalan sekitar 2 cm.
  2. Bersihkan juga ayam yang sudah disiapkan, dan potong menjadi 4 bagian.
  3. Memarkan lengkuas dan haluskan bumbu-bumbu di atas.
  4. Masukan semua bahan gudeg ke dalam panci, kecuali ayam.
  5. Aduk semua bahan sambil diaduk  sesekali sampai cairan di panci tersisa setengah.
  6. Sekarang masukan ayam dan aduk sampai bumbunya merata.
  7. Masak menggunakan api kecil saja sampai kuahnya mengering dan bumbu meresap sempurna ke nangka dan ayam.

Beberapa Tips Penting saat Memasak Gudeg

Ketika memasak gudeg, mungkin saja nangka bisa terasa pahit dan kurang empuk. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya nangka bebas pahit dan lebih empuk.

Pertama, ketahui jenis nangka yang akan Anda gunakan. Kalau Anda akan memasak gudeg, sebaiknya pilih nangka merah. Kesegaran nangka juga perlu diperhatikan, jadi jangan pilih nangka yang sudah kecoklatan dan kusam.

Pilih nangka yang memiliki biji kecil. Nangka yang seperti itu biasanya memiliki daging yang enak dan teksturnya pulen. Untuk memperoleh tekstur nangka yang lembut, pilih nangka yang masih muda. Kalau nangkanya tampak bersih, tidak perlu dicuci. Untuk menghilangkan getah dan kotoran yang mungkin menempel, rebus dulu nangka sebelum diolah.

Kedua, masak gudeg menggunakan api kecil saja. Proses ini berpengaruh pada tekstur dan tampilan gudeg. Memasak gudeg memang sangat membutuhkan kesabaran, setidaknya dibutuhkan tujuh jam, atau bahkan bisa seharian.

Ketiga, menggunakan air Kelapa dan gula merah yang berkualitas. Selain membuat warna gudeg lebih cantik, air kelapa bisa membuat rasa gudeg semakin legit. Kalau mau menghasilkan warna lebih cokelat, bisa gunakan daun jati atau teh celup. Tetai jika gula merah yang Anda gunakan kualitasnya bagus, itu sudah cukup. Lebih baik pilih gula merah yang berwarna cokelat tua.

Walau sudah bertahan ratusan tahun, nyatanya gudeg masih digemari hingga saat ini. Bahkan tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencicipi gudegnya. Apakah Anda tertarik juga untuk bereksperimen membuat gudeg di rumah? Semoga ulasan cara memasak gudeg ini bisa membantu Anda ya.

Cara Memasak Gudeg Asli Jogja

Baca juga: Masakan Khas Indonesia yang Mendunia