Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google - Info Positif
Depok Jaya
+6281388937757
mazpratono@gmail.com

Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google

Blog berbagi Informasi yang Positif

Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google

Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google
Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google
Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google

Cara Mudah Agar Website Cepat Diindex Google

Apakah saat ini Anda memiliki sebuah website? Sudahkah website tersebut muncul pada halaman pencarian? Jika ternyata sebuah website yang telah Anda bangun sama sekali belum muncul pada Google ataupun sejenisnya, bisa dikatakan jika website Anda masih belum terindeks oleh Google. Tentu saja hal ini menjadi sebuah permasalahan yang besar sehingga Anda harus mencari tahu supaya website cepat diindeks Google.

Sayangnya, mengetahui kondisi semacam ini membuat para pemilik website panik sekaligus kecewa. Jangan putus asa terlebih dahulu karena ada berbagai cara yang bisa membuat website cepat diindeks Google. Namun sebelumnya, Anda harus memahami perihal mengenai Google index, bagaimana cara indeks Google itu bekerja sekaligus mengapa hal ini penting.

Sekilas tentang Google index

Terlepas dari santi supaya website cepat di index Google, disebutkan bahwa Google indeks itu sendiri merupakan sebuah database yang berisi halaman website sekaligus informasi atas apa yang telah dikumpulkan oleh Google.

Database tersebut diperoleh melalui proses indexing dan crawling yang telah dilakukan Google. Melalui dua proses tersebut yang dikombinasikan dengan teknologi spiders atau yang lebih dikenal dengan googlebot, maka sebuah halaman website akan muncul di dunia maya.

Dengan kata lain, jika sebuah website masih belum muncul pada hasil pencarian yang dilakukan, bisa disimpulkan jika website tersebut masih belum masuk pada database Google indeks.

Sebuah website harus terdaftar dalam Google indeks

Masih berkaitan dengan bagaimana website cepat diindeks Google, disebutkan bahwa jika pada suatu masa website Anda muncul pada halaman pencarian, yang demikian ini dianggap jika website telah terindex oleh Google.sayangnya, tidak serta merta website Anda bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Kini saatnya, terlepas dari cara website cepat diindeks Google, kita akan berbicara mengenai perengkingan. Ranking memiliki kaitan erat dengan SEO atau yang lebih dikenal sebagai search engine optimization. Namun demikian, yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan memastikan jika website telah terindex oleh Google baru Anda bisa memaksimalkan SEO.

Sudahkah pesan Anda masuk pada Google index?

Untuk mengetahui apakah website yang telah Anda bangun masuk pada Google indeks atau belum bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya dengan menuliskan format “site:websiteanda.com” dengan menggantikan websiteanda dengan nama website, Anda akan mengetahui kondisi dari website Anda saat ini.

Jika sebuah website telah terindex oleh Google, maka dengan menuliskan format tersebut pada mesin pencarian, website Anda akan muncul dengan sendirinya. Sebaliknya, jika masih belum terindex, website yang Anda bangun tidak muncul pada halaman pencaharian. Dari sinilah kemudian Anda harus mengetahui bagaimana website cepat diindeks Google.

Solusi agar website cepat diindeks Google

Kini saatnya Anda harus menghilangkan kekhawatiran setelah mengetahui website yang Anda miliki belum muncul pada halaman pencarian. Sebagai solusi jitu, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

  1. Tambahkan website pada Google search console
    Sebagai solusi agar website cepat diindeks Google, langkah awal yang dilakukan adalah dengan menambahkan website pada Google search console. Disebutkan bahwa Google search console merupakan sebuah alat gratis yang dimiliki oleh pemilik website guna memonitor kinerja suatu website.
    Dengan alat tersebut, Anda akan berkesempatan untuk mengetahui sejauh mana googlebot crawling masuk pada website sekaligus memasukkan sitemaps dan memperbaiki jika terjadi kesalahan pada proses crawl.
  2. Buatlah sebuah sitemap
    Langkah selanjutnya dalam membuat website cepat diindeks Google adalah dengan membuat suatu sitemap. Hal ini dilakukan untuk mempermudah googlebot memahami isi dari website Anda. Kali ini Anda akan membuat sitemap xml yang merupakan daftar dari halaman berbagai website untuk ditujukan pada mesin pencari sehingga website Anda bisa ditemukan dengan mudah dan masuk pada proses indeks.
    Jika sitemap xml dibuat untuk ditujukan pada mesin pencari, kini Anda juga harus membuat sitemap html yang akan ditujukan untuk para pengunjung website. Meskipun sitemap html tidak terlalu berefek pada proses indeks, namun demikian sitemap html ini akan mempermudah para pengunjung dalam melakukan navigasi pada halaman website Anda.
  3. Membuat robots.txt
    Untuk cara agar website cepat diindeks Google yang selanjutnya dilakukan dengan membuat robots.txt. Keberadaan robots.txt akan memberitahu pada mesin pencarian terkait halaman mana yang nantinya perlu diindeks dan tidak perlu diindeks.
    Pada masa tertentu, terkadang sebuah halaman pada website tidak perlu diindex karena adanya konten yang bersifat duplikat. Jika Anda tetap melakukan indeks pada halaman tersebut, besar kemungkinan website Anda akan terhapus secara otomatis. Selain itu, cara ini dia gini juga mampu untuk mempercepat adanya proses indexing yang akan semakin rapi.
  4. Buatlah sebuah content yang menarik
    Mengenai solusi agar website cepat diindeks Google juga bisa dilakukan dengan membuat sebuah konten yang sangat menarik dan pastinya berkualitas. Pastikan Anda selalu mengupdate konten tersebut secara rutin. Pastikan jika konten yang Anda buat memiliki manfaat yang besar bagi para pengunjung.
  5. Tambahkan internal link dalam jumlah yang banyak
    Sebuah konten yang berkualitas pernyataan tidak cukup untuk membuat suatu website cepat diindeks Google. Dalam hal ini, Anda juga perlu menambahkan beberapa internal link pada sebuah content yang Anda buat.
    Keberadaan internal link ingatkan menghubungkan satu halaman dengan halaman yang lain. Cara ini nantinya akan membantu googlebot memahami konteks sekaligus hubungan antara satu halaman dengan halaman yang lain pada website Anda.
  6. Buatlah halaman terkait kategori content
    Tidak dipungkiri lagi, seseorang yang memiliki sebuah website akan memposting banyak sekali konten. Banyaknya jumlah konten yang dibuat ternyata akan membingungkan jika tidak terorganisir. Bahkan hal ini akan membingungkan googlebot melakukan penjelajahan pada website Anda. Sebagai solusi Anda harus membuat halaman terkait kategori content seperti halnya content berita, produk ataupun yang lainnya.
  7. Bangunlah sebuah backlink yang berkualitas
    Masih berkaitan dengan cara bagaimana website cepat diindeks Google, disebutkan bahwa Anda juga harus membangun backlink yang merupakan suatu link untuk dipasangkan pada website lain yang akan mengarah pada website Anda. Tindakan ini dirasa sangat penting karena akan membantu googlebot mengetahui halaman website baru Anda. Pastikan Anda membuat sebuah backlink yang benar-benar berkualitas.
  8. Pertimbangkan mengenai rss feed
    Tidak kalah penting lainnya, ada solusi supaya website cepat diindeks Google, Anda juga harus mempertimbangkan keberadaan rss feed. Disebutkan bahwa rss akan membantu dalam meningkatkan kunjungan pada website sekaligus juga memberi tahu content ataupun halaman baru yang memang siap untuk diindeks. Saat ini banyak RSS Feed yang bisa dipertimbangkan, namun feedburner lah yang direkomendasikan.
  9. Lakukan pengecekan jika ada proses error pada pengindexan
    Demi memperlancar proses index pada website, pastikan Anda mengecek jika proses tersebut berjalan lancar. Jika ditemui adanya kesalahan, Anda bisa memperbaikinya melalui Google search console.
  10. Maksimalkan peran media sosial
    Disebutkan bahwa media sosial memang tidak memiliki peran pada proses indeks. Namun demikian, dengan memposting alamat website pada media sosial nantinnya akan membantu untuk meningkatkan trafik pengunjung pada website Anda.
  11. Manfaatkan peran PCC
    Berkaitan dengan solusi agar website cepat diindeks Google, disebutkan bahwa Anda juga harus memanfaatkan peran PCC atau pay per click. Cara ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan suatu traffic website dalam kurun waktu yang singkat. Disebutkan bahwa pada PCC, orang pemasang iklan diwajibkan untuk membayar setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang dipasang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya website cepat diindeks Google. Dengan cara tersebut nantinya website akan muncul pada halaman pencarian. Selanjutnya Anda bisa mengoptimasi website tersebut agar bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Dengan cara ini pula, Anda bisa meningkatkan traffic pengunjung.

Baca juga: Komunitas Belajar Internet Marketing

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *