Juknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pendemi Covid-19 - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Juknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pendemi Covid-19

Juknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pendemi Covid-19

imunisasi
Jadwal imunisasi dasar untuk anak

Juknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pendemi Covid-19

LINDUNGI BAYI DENGAN LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP
Bayi yang kelihatannya sehat belum tentu kebal terhadap serangan penyakit berbahaya. Membawa bayi kita ke Posyandu atau tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal adalah wujud kasih sayang dan tanggung jawab melindungi buah hati tercinta. Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap berguna untuk member perlindungan menyeluruh terhadap penyakit- penyakit yang berbahaya. Dengan memberikan lmunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal, tubuh bayi dirangsang untuk memliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan serangan penyakit berbahaya.

LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP
BERIKAN SEBELUM BAYI BERUSIA 1TAHUN

1 Bulan BCG Polio 1, Mencegah Penularan Tuberculosis dan Polio
2 Bulan DPT-HB-Hib 1 Polio 2, Mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia
3 Bulan DPT-HB-Hib 2 Polio 3
4 Bulan DPT-HB-Hib 3 Polio 4
9 Bulan Campak Mencegah Campak

Datanglah segera ke Posyandu, Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat untuk melengkapi imunisasi dasar, yaitu Hepatitis B, BCG, Polio, DPT dan Campak. Walaupun sedang batuk, pilek atau mencret, bayi tetap boleh diimunisasi karena tubuh bayi mampu membuat kekebalan, sehingga imunisasi tetap bermanfaat bagi bayi. Bila keluhan bertambah datanglah ke Puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapatkan obat. Bayi yang sedang minum antibiotik juga boleh diimunisasi dan tetap bermanfaat bagi bayi.

Kalau imunisasi belum lengkap, segera minta dilengkapi, walaupun umurnya sudah lewat dan tidak sesuai jadwal, misalnya, umur 2 bulan belum imunisasi BCG dan Polio, maka segera minta imunisasi BCG dan Polio. Atau, umur 5 – 12 bulan belum lengkap imunisasi DPT-HB dan Polio, maka segera minta dilengkapi imunisasi DPT-HB dan Polio. Tetapi, jarak antara imunisasi sedikitnya 4 minggu.
Demikian pula, misalnya umur 10 – 12 bulan bayi belum imunisasi Campak, segera minta imunisasi Campak. Yang penting sebelum umur 1 tahun bayi harus sudah mendapat Lima imunisasi Dasar Lengkap : Hepatitis B 4x, BCG 1x, Polio 4x, DPT-HB 3x, dan Campak 1x.

Unduh Juknis