Kenali Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Hingga Saat ini - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Kenali Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Hingga Saat ini

Blog berbagi Informasi yang Positif

Kenali Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Hingga Saat ini

Kuliner khas Indonesia yang mendunia

Kenali Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Hingga Saat ini

Sebagai generasi penerus wajib mengetahui kuliner khas Indonesia yang mendunia. Banyaknya daerah di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat kuliner di Indonesia menjadi variatif. Hampir setiap daerah memiliki makanan daerah tersendiri yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Selain budaya yang beragam, makanan memang menjadi salah satu ikon penting yang dimiliki oleh Indonesia. Berbagai jenis makanan dari yang berbau makanan berat hingga makanan ringan. Jajanan yang ditawarkan juga tidak sedikit. Uniknya, hampir semua makanan ini diproduksi secara alami dengan meracik bumbu sendiri.

Ciri khas lainnya dari masakan Indonesia adalah menggunakan rempah-rempah yang beragam. Seperti yang diketahui Indonesia adalah penghasil rempah-rempah terbanyak di dunia karena keadaan cuacanya yang tropis. Hal ini membuat kuliner Indonesia memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat berasal dari rempah yang digunakannya.

Kamu sebagai salah satu pecinta kuliner tentunya mengetahui berbagai kuliner Indonesia yang sudah masuk daftar populer di kalangan internasional. Tidak hanya satu makanan saja, masyarakat dunia bahkan mengenal makanan Indonesia dalam jumlah yang lebih banyak. Kuliner ini pastinya ada yang menjadi bagian makanan favoritmu.

Daftar Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

Tidak hanya satu jenis makanan, kuliner Indonesia yang sudah dikenal kancah dunia ada banyak. Diantaranya rendang, gado-gado, sate ayam, bakso dan nasi goreng. Rendang adalah satu diantaranya yang terbuat dari daging sapi, santan bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe merah, daun jeruk dan daun kunyit.

Daftar kedua kuliner khas Indonesia yang mendunia adalah gado-gado. Gado-gado adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan yang sehat dan tidak menggunakan daging. Bahan-bahannya adalah sayur-sayuran seperti bayam, kentang, labu siam, tempe, tahu dan telur. Kemudian di atasnya dibaluri bumbu kacang.

Hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki jenis sate yang berbeda-beda. Sate ayam yang populer dan dikenal masyarakat dunia adalah sate ayam Madura. Bahannya terbuat dari daging ayam yang sudah dipotong dan dibumbui, lalu dibakar. Kemudian, disajikan bersama lontong dan sambal kacang.

Daftar berikutnya adalah bakso. Di Indonesia, bakso populer dijual oleh pedagang kaki lima. Bahan dasarnya adalah daging ayam ataupun sapi yang dicampur dengan tepung. Biasanya dilengkapi dengan mie, bubuhan seledri dan bawang goreng kemudian disiram dengan kuah nikmat dan sambal.

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang membuat banyak orang penasaran. Nasi goreng yang dimiliki Indonesia memang berbeda dengan negara lainnya seperti Jepang ataupun negara lainnya. Bahan pembuatannya adalah nasi yang dipadukan dengan telur ataupun potongan daging ayam.

Bumbu Dapur Kuliner Khas Indonesia

Kuliner khas Indonesia yang mendunia menggunakan bumbu dapur berupa berbagai rempah yang menjadi ciri khas Indonesia. Beberapa bumbu dapur yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cengkeh, merica, serai, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar dan bunga lawang.

Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu dapur yang masuk ke kategori umbi-umbian. Kedua komponen ini adalah menjadi bumbu dapur yang senantiasa ada dalam setiap makanan. Bawang merah dan bawang putih memberikan rasa lebih gurih dan menguatkan aroma makanan.

Kemudian, merica adalah salah satu bumbu dapur berikutnya. Bumbu ini biasanya digunakan untuk berbagai masakan tumisan, gorengan maupun kuah. Merica memberikan rasa pedas ke dalam makanan serta memperkuat rasa dari makanan. Merica ini memang menjadi salah satu yang favorit.

Bahan selanjutnya yang menjadi ciri khas adalah kunyit. Kunyit memberikan warna kuning secara alami. Fungsinya biasanya dipakai untuk menambah aroma makanan dan membuat makanan semakin sedap. Makanan yang biasanya menggunakan kunyit adalah gulai, soto, kari dan nasi kuning.

Ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang sekilas terlihat seperti merica. Dari bentuk mungkin saja terlihat sama, akan tetapi dari rasa tentunya berbeda. Tidak seperti merica, ketumbar tidak memiliki rasa pedas. Ketumbar biasanya digunakan untuk memperkuat aroma makanan dan menyedapkan rasa.

Berbagai makanan khas Indonesia memang sering dijajah oleh masyarakat dunia karena keunikannya dari segi rasa maupun bahan yang digunakan. Tidak hanya satu, banyak makanan yang digemari. Ini tidak terlepas dari bumbu dapur pembuatnya. Mengenal kuliner khas Indonesia yang mendunia memang perlu dilakukan oleh generasi penerus.

Kuliner Indonesia yang mendunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *