Inilah Manfaat Membaca, yang Perlu Diketahui - Info Positif
Depok Jaya
+6281388937757
mazpratono@gmail.com

Inilah Manfaat Membaca, yang Perlu Diketahui

Blog berbagi Informasi yang Positif

Inilah Manfaat Membaca, yang Perlu Diketahui

manfaat membaca
manfaat membaca
Manfaat membaca

Inilah Manfaat Membaca, yang Perlu Diketahui. Manfaat membaca saat ini memang kurang disadari oleh banyak orang. Siapa di sini yang masih suka sekali dengan buku bacaan? Beruntung sekali kamu! karena saat ini sudah jarang sekali orang yang senang aktivitas itu. Karena hal itu bisa memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan.

Saat ini lebih banyak orang lebih senang mendapatkan informasi secara audio visual, yakni berupa sebuah video yang secara gamblang menceritakan sebuah informasi dibandingkan mereka sendiri harus baca dan mengambil inti sari dari bacaan tersebut.

Padahal membaca buku bisa memberikan banyak sekali keuntungan bagi orang-orang yang melakukannya. Bukan hanya menambah ilmu pengetahuan saja, meskipun menurut pepatah buku adalah jendela dunia. Namun juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya jarang disadari oleh orang-orang di masa kini.

Kapan terakhir kali kamu terbiasa membaca? Jika kamu sudah terlalu mengabaikan kebiasaan itu, sebaiknya kamu tau beberapa manfaat ini agar kamu bisa tergiur untuk kembali rajin membaca. Berikut sederet manfaat dari membaca.

Membaca Sangat Bermanfaat untuk Otak

Apa kamu tahu jika manfaat membaca ternyata juga bermanfat untuk otak? Padahal ini merupakan sebuah hal yang telah diketahui oleh banyak orang. Jika kamu belum tahu, berikut ini ada beberapa manfaat dari membaca untuk otak.

  • Memperkuat otak

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, ketika seseorang mempelajari buku maka jaringan dan sinyal kompleks dalam otak akan bekerja. Dengan begitu jaringan-jaringan tersebut akan terlatih menjadi lebih kuat. Itu sebabnya otak orang yang suka membaca juga akan menjadi lebih kuat.

Manfaat membaca berikutnya ialah meringankan gejala depresi. Orang yang sedang  depresi biasanya sering merasa dirinya terasingkan dari lingkungannya. Dengan membaca sebuah cerita fiksi, bisa membuat mereka sedikit beralih dan berimajinasi berinteraksi dengan tokoh fiksi tersebut.

  • Mengurangi stress

Pada sebuah penelitian yang dilakukan, katanya dengan membaca selama 30 menit mampu menurunkan tekanan darah, detak jantung dan juga perasaan stress. Manfaat ini mirip dengan manfaat dari aktivitas yoga atau mendengarkan cerita lelucon lucu dari orang lain.

Manfaat untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat membaca bukan hanya untuk kesehatan otak saja, tetapi juga bisa bermanfaat pada kehidupan sehari-hari. Karena seperti yang dikatakan tadi bahwa kegiatan itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ada beberapa keuntungan pada kehidupan sehari-hari yang bisa diberikan ketika kamu sering melakukannya, berikut selengkapnya.

  • Meningkatkan empati

Dalam sebuah penelitian ditemukan, seseorang yang senang membaca sebuah buku fiksi sastra nyatanya memiliki rasa empati lebih tinggi dan lebih bisa memahami perasaan orang lain dibandingkan mereka yang jarang baca buku. Empati ini akan sangat berguna dalam menjalik hubungan dengan orang lain.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa

Dalam sebuah buku, ada banyak sekali kosakata di sana. Jika sering dipakai, maka semua kosakata yang ada dalam buku tersebut secara otomatis bisa menempel dalam otak. Sehingga biasanya sering menjadi sebuah kebiasaan ketika berbicara dengan orang lain, kata-kata itu terpakai.

Ini bisa menjadi sebuah point plus bagi kamu yang senang membaca. Karena kemampuan berbahasa dengan baik itu akan sangat berguna untuk berinteraksi dengan orang lain, sekalipun dengan tingkatan lebih tinggi. Selain itu, dalam dunia pekerjaan pun kemampuan berbahasa akan sangat diandalkan.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat membaca berikutnya ialah memperbaiki kualitas tidur. Ada beberapa dokter yang menyarankan agar baca buku menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur. Selain berdoa, hal ini bisa membuat tidur kamu menjadi lebih berkualitas dari biasanya.

Membaca Dapat Bermanfaat untuk Anak

Sebagai orang tua, tentunya kita selalu mengharapkan hal terbaik baik anak-anaknya. Para orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi orang cerdas, sehingga seringkali mereka mengajarkan anaknya untuk membaca. Namun sebenarnya apa saja manfaat membaca bagi anak?

  • Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Seperti halnya pada orang dewasa, anak yang sering baca buku juga akan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lebih baik. Hal ini karena kosa kata milik anak tersebut lebih banyak. Selain itu dengan membaca, susunan kata ketika anak berbicara bisa tertata dengan lebih baik.

  • Melatih kemampuan berpikir

Siapa sangka jika kebiasaan klasik ini bisa membantu anak untuk berpikir logis. Dengan sering membaca, mereka akan belajar memahami sebuah alur cerita yang mereka baca seperti sebab akibat sebuah kejadian dalam cerita tersebut. Anak juga akan mengetahui risiko apa yang akan didapatkan ketika melakukan sesuatu.

Bukan hanya itu saja, mereka juga akan belajar untuk mengambil keputusan sendiri dengan sering mempelajari buku. Hal ini penting bagi mereka agar suatu saat nanti bisa menentukan keputusan sendiri dengan bijak ketika dihadapkan dalah situasi tertentu.

Setelah mengetahui beberapa manfaat di atas, apa kamu masih berpikir untuk malas baca? Padahal kamu sudah tahu jika kebiasaan tersebut memberikan begitu banyak manfaat yang tidak pernah kita sadari sebelumnya. Manfaat membaca ini juga akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Membangun Minat Membaca dari Najwa Shihab (dok.sonorafm)

Baca juga: Manfaat pemberian vaksin pada bayi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *