Masakan Khas Indonesia menjadi menu yang Mendunia - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Masakan Khas Indonesia menjadi menu yang Mendunia

Masakan Khas Indonesia menjadi menu yang Mendunia

masakan khas Indonesia
Makanan khas Indonesia

Masakan Khas Indonesia menjadi menu yang Mendunia

Indonesia tidak pernah kehabisan stok kuliner lezat. Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas yang sangat menggugah selera. Berbagai makanan asli Indonesia tersebut bahkan ada yang sudah go international. Berikut ini daftar masakan khas Indonesia yang bukan hanya eksis di tanah air, melainkan sudah mendunia.

a.    Nasi Goreng

Mulai dari penjual pinggir jalan hingga restoran mahal, nasi goreng sangat mudah dijumpai di Indonesia. Rasa nasi goreng memang lezat, terlebih dengan topping telur goreng, kerupuk, dan tentunya sambal.

Kerennya lagi, nasi goreng ini sudah mendunia juga. Tepatnya di ajang “World Expo Shanghai China 2010”, nasi goreng menjadi sajian yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan respon positif dari pengunjung pameran tersebut yang membuat nasi goreng bisa laku sedikitnya 700 porsi dalam sehari. Nasi goreng di acara tersebut disajikan dengan telur dadar dan sate ayam.

b.    Sate Ayam

Salah satu olahan ayam yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia sate ayam. Di Indonesia sendiri sate khas Madura bisa dibilang paling terkenal. Sama seperti nasi goreng, sate ayam ini juga sudah mendunia lho.

Pada tahun 2013, sebuah bazar internasional diselenggarakan di China. Bazar tersebut menyajikan berbagai kuliner dari beberapa negara, dan sate ayam menjadi salah satu yang ada di situ. Saat bazar, ternyata sate ayam terjual habis dan digemari masyarakat sekitar.

Bukan hanya itu, di New York terdapat di sebuah restoran masakan asli Indonesia yang cukup disukai orang-orang. Menu andalannya adalah sate ayam. Kalau sewaktu-waktu Anda ke New York, Anda bisa mencari restoran dengan nama “Satay Junction”. Restorannya memang tidak besar, tetapi selalu ramai oleh warga yang mencintai kuliner Indonesia.

c.     Soto Ayam

Siapa yang tidak kenal soto ayam? Sepertinya hampir semua masyarakat Indonesia mengenal makanan yang cocok dikonsumsi saat musim hujan ini. Udara dingin dengan kuah soto panas tentunya menjadi perpaduan yang sangat cocok.

Tak hanya di Indonesia, soto ayam juga turut hadir di sebuah festival makanan di Jepang lho. Acara tersebut diselenggarakan oleh PPIJ, tepatnya oleh PPIJ Komsat Ibaraki. Di acara tersebut, soto ayam menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.

d.    Rendang

Membicarakan mengenai masakan khas Indonesia tentu tidak lengkap tanpa rendang. Berasal dari Sumatera Barat, masakan ini terbuat dari daging yang bercita rasa pedas. Proses pemubuatannya juga tidak mudah, karena harus dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk, dibutuhkan waktu berjam-jam.

Kenikmatan rendang ini sudah sangat tersohor, bahkan terpilih di posisi puncak sebagai 50 makanan paling lezat di dunia versi “CNN internasional pada 2011”. Selain itu, rendang juga menjadi menu favorit pada sebuah hotel di Jerman ketika diadakan festival kuliner masakan asli Indonesia. Festival tersebut untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia-Jerman.

e.     Gado-Gado

Untuk Anda yang menyukai sayuran, pasti Anda mengenal makanan ini. Gado-gado dibuat dari berbagai sayur-sayuran yang direbus, dicampur, dan diberi sambal kacang. Biasanya juga diberi potongan telur dan taburan bawang goreng. Sebagai pelengkap, bisa ditambah dengan kerupuk atau emping goreng.

Meski pembuatannya tidak rumit, gado-gado ini sudah mendunia juga lho. Pada perlombaan memasak internasional di Napoli tahun 2010, gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika. Keren kan?

f.      Tempe

Makanan Indonesia berikutnya yang juga sudah mendunia adalah tempe. Ternyata bukan hanya orang Indonesia yang menggemari tempe. Ada seorang juru masak asal Korea bernama Eduard Quad yang juga menyukai tempe.

Ceritanya, pada Oktober 2012, event Jakarta kuliner festival dilaksanakan di Jakarta dan menjadi perkumpulan koki dari berbagai negara. Kehadiran para koki tersebut untuk menikmati makanan khas Indonesia dan negara asalnya. Salah satu makanan Indonesia yang hadir di situ adalah tempe goreng.

Selain cocok di lidah orang Korea, tempe juga cocok di lidah orang Jepang lho. Namanya pak Rustomo yang merupakan seorang pebisnis tempe di Jepang dan sudah dikenal pada beberapa daerah di Jepang. Bisnisnya tersebut rupanya memikat masyarakat Jepang sehingga cukup laku di pasaran.

g.    Sop Buntut

Selanjutnya ada sop buntut yang juga sudah mendunia. Beberapa waktu lalu, KBRI di Spanyol mengadakan sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia dan sop buntut menjadi salah satu menunya. Rupanya acara ini mendapatkan respon yang positif dari orang-orang yang hadir. Setidaknya terdapat sekitar 300 orang yang menikmati berbagai menu dari Chef Indonesia. Mereka jatuh hati pada kelezatan sop buntut. Wah rasanya jadi ingin makan sop buntut juga ya.

Itulah beberapa masakan khas Indonesia yang mendunia. Anda paling suka makanan yang mana nih?