Mengenal Infeksi Corona Virus (Covid-19), Perlu Diwaspadai - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Mengenal Infeksi Corona Virus (Covid-19), Perlu Diwaspadai

Blog berbagi Informasi yang Positif

Mengenal Infeksi Corona Virus (Covid-19), Perlu Diwaspadai

Corona Virus (Covid-19)
Corona Virus (Covid-19)
Corona Virus (Covid-19)

Mengenal Infeksi Corona Virus (Covid-19), Perlu Diwaspadai

Saat ini Kamu perlu mengenal infeksi Corona Virus (Covid-19). Virus Corona adalah sebuah kasus global yang memberikan dampak tidak baik bagi berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya di satu negara, virus ini sudah menyebar hampir ke seluruh belahan dunia dengan jumlah penularan yang fantastis.

Dengan mengenal ciri-ciri ataupun gejala terinfeksi Virus Corona, Kamu bisa lebih waspada dan mawas diri. Penyebaran virus ini sangat cepat sehingga Kamu perlu melindungi diri sendiri dan orang sekitarmu. Jangan sampai penyebarannya semakin luas dan berakibat fatal bagi banyak orang.  

Banyak ciri-ciri atau gejala dari orang yang terinfeksi virus ini. Bahkan, ciri-cirinya sederhana dan hampir sama dengan penyakit ringan pada umumnya. Misalkan sakit tenggorokan, demam dan pusing. Untuk itu, perlu diwaspadai jika hal ini terjadi pada Kamu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Tanpa memandang anak kecil, anak muda ataupun orang tua, virus ini dapat menyerang siapa saja. Tidak memandang Kamu berada di negara mana dan hidup dalam kondisi bagaimana. Virus ini menyerang sesuka hati dan sangat sulit dihentikan penularannya ke orang yang lebih banyak.

Mengenal Infeksi Corona Virus (Covid-19) beserta Dampaknya

Bahayanya virus ini dapat dihindari dengan mengetahui gejala awal virus ini. Biasanya gejala yang dialami bervariasi, seperti flu hingga gangguan pernapasan yang lebih serius. Gejala lainnya adalah demam tinggi disertai menggigil, sesak napas, nyeri tenggorokan, batuk kering, hidung berair, bersin-bersin dan pilek.

Kamu harus mengenal infeksi Corona Virus (Covid-19) agar bisa segera menghindari hal tersebut. Jika Kamu membawanya ke dokter dengan berbagai gejala yang disebutkan di atas, akan dilakukan pemeriksaan fisik yang dikeluhkan. Kemudian, dokter akan menganalisis lebih jauh untuk mendukung diagnosis.

Ketika virus ini menyerang tubuhmu, maka berisiko menyebabkan kompilasi akibat terpapar Covid-19. Terutama bagi yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, lebih rentan terkena virus ini. Kompilasi yang mungkin terjadi seperti infeksi sekunder, gagal napas dan gagal jantung akut akibat terkontaminasi virus lainnya.

Dalam pengobatan orang yang terinfeksi Virus Corona, dilakukan proses perawatan sesuai gejala yang dialami pasien. Bentuk perawatannya adalah dalam bentuk terapi. Misalkan untuk menurunkan suhu tubuh diberikan anti-piretik, memberikan carian untuk mencegah dehidrasi dan melakukan terapi oksigen bagi yang terganggu pada saluran pernapasan.

Dampak lainnya yang bisa terjadi dan berakibat fatal adalah terjadi kematian karena kondisi tubuh yang sulit stabil serta tidak ada motivasi untuk sembuh. Kematian ini lebih berisiko bagi mereka para lansia yang memiliki penyakit bawaan sebelum terinfeksi virus ini.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Setelah mengenal infeksi Corona Virus (Covid-19), agar tidak terinfeksi oleh virus ini Kamu dapat melakukan berbagai pencegahan. Seperti pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, kita harus melakukan berbagai upaya untuk menolak Virus Corona masuk ke dalam tubuh. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk memproteksi diri.

Beberapa tindakan yang dapat Kamu lakukan yaitu selalu mencuci tangan selama minimal 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Hal ini dikarenakan virus corona dapat disebabkan oleh sentuhan dengan orang yang terinfeksi maupun dengan barang yang disentuh orang yang terinfeksi.

Dalam kasus sulit bahkan tidak ditemukan air bersih dan sabun, Kamu bisa membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer ataupun pembersih tangan berbahan alkohol lainnya. Ketika tangan Kamu masih dalam keadaan kotor, jangan pernah menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung dan mulut.

Ketika ada rekan atau saudara yang sedang sakit, hindari kontak fisik dengan mereka. Hal ini dikarenakan orang yang sakit lebih rentan terpapar Virus Corona. Jika Kamu yang sakit, usahakan tetap berdiam diri di rumah agar tidak mudah terinfeksi Virus Corona akibat imun tubuh yang lemah.

Bagi pecinta hewan, sangat disarankan untuk menghindari berkontak langsung dengan hewan yang kamu miliki. Selain itu, jangan konsumsi daging mentah, masaklah sebelum dikonsumsi agar tidak mudah terinfeksi Virus Corona melalui hewan ataupun bahan makanan mentah berupa daging.

Satu hal terpenting, jangan pernah bepergian dan berkumpul dalam banyak kerumunan. Karena dalam situasi ini tidak ada yang tahu siapa yang terkena Virus Corona. Ketika memang terpaksa harus bepergian, selalu gunakan masker. Masker akan melindungi bagian mulut dan hidungmu.

Hal lainnya perlu diperhatikan adalah keadaan imun tubuh. Pastikan Kamu selalu dalam keadaan sehat. Selalu jaga kesehatan dengan meminum air putih, makan makanan bergizi, berolahraga secara rutin serta istirahat yang cukup. Hal ini akan menjaga tubuhmu agar tetap bugar dan terhindar dari infeksi Virus Corona.

Saat ini adalah masa sulit akibat adanya Covid-19. Agar tidak semakin menyulitkan keadaan, Kamu harus mengenali gejala orang yang terinfeksi virus ini. Tindakan selanjutnya adalah melakukan berbagai pencegahan dengan menerapkan protocol kesehatan. Dengan hal ini, melalui mengenal infeksi Corona Virus (Covid-19) dapat mencegah diri tertular.

How to protect yourself against COVID-19 (source: WHO)

Baca juga: Manfaat Vaksin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *