Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia - Info Positif
Depok Jaya
+6281388937757
mazpratono@gmail.com

Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia

Blog berbagi Informasi yang Positif

Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia

Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia
Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia

Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia

              Sudahkah Anda mengenal apa itu Startup? Jika belum, maka kini saatnya Anda mengenal Startup di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak jenis Startup yang berkembang hingga saat ini. Jenis Startup tersebut juga terbilang bermacam-macam, tergantung dimanakah bidang Startup tersebut bergerak.

              Lantas, apa sebenarnya Startup itu? Agar tidak penasaran, maka Anda bisa mengenal Startup di Indonesia mulai dari pengertian, sejarah hingga perkembangannya di bawah ini!

Mengenal Startup di Indonesia

              Mengutip dari Wikipedia, Startup berarti perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan tersebut umumnya tergolong sebagai perusahaan yang baru beridiri dan masih berada dalam fase pengembangan maupun penelitian dalam menemukan pasar yang tepat. Dengan begitu, Startup juga dapat berarti sebagai perusahaan yang baru saja beroperasi yang sedang dikembangkan.

Mengenal Startup di Indonesia memang cukup penting. Pasalnya, hingga saat ini terdapat jenis-jenis Startup yang berbau teknologi, internet, dan juga web. Penasaran mengenai Startup lebih lanjut? Ketahui sejarah singkat bisnis Startup di bawah ini!

Mengetahui Sejarah Singkat Startup

              Seperti yang Kita ketahui, Startup ternyata sangat berhubungan erat dengan teknologi, internet, web dan yang lainnya. Hingga akhirnya Startup tersebut populer secara internasional pada masa buble dot-com. Ini adalah istilah saat periode 1998 hingga 2000 berlangsung. Saat tersebut terdapat banyak perusahaan yang menggunakan domain dot-com secara bersamaan. Tak heran jika dari tahun tersebut sudah ada banyak perusahaan yang genacr membuka website pribadi mereka.

              Sejarah Startup tersebut hingga kini terus mengalami perkembangan. Hingga akhirnya ditemukanlah beberapa ciri-ciri atau karakteristik Startup tersebut. Seperti apa? Simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Ciri-ciri Perusahaan Startup

Setelah Anda mengenal Startup di Indonesia, kini saatnya Anda mengetahui apa saja ciri-ciri perusahaan Startup secara umum. Dengan begitu, Anda bisa membedakan manakah perusahaan yang tergolong sebagai Startup dan mana yang tidak. Berikut beberapa ciri tersebut:

  • Usia perusahaan tidak lebih dari 3 tahun lamanya

Ternyata, mengenal Startup di Indonesia cukup mudah dengan ciri-cirinya yang berusia tidak lebih dari 3 tahun lamanya. Sesuai dengan pengertiannya, bahwa Startup adalah perusahaan baru yang sedang berkembang atau belum lama didirikan atau beroperasi. Dengan begitu ciri-cirinya adalah usia yang tidak lebih dari 3 tahun sudah dikategorikan sebagai perusahaan Startup.

  • Jumlah karyawan yang tergolong sedikit

Ciri-ciri selanjutnya adalah jumlah karyawan yang masih tergolong sedikit, yakni minimum 2 orang saja dan maksimumnya hanya 20 sampai 30 orang saja tidak lebih.

  • Memiliki sumber daya manusia yang cukup mulititasking

Umumnya perusahaan Startup juga mempunyai karyawan yang dapat multitasking dengan baik. Dengan begitu, meskipun jumlah karyawannya sedikit namun masih tetap mampu menghandle pekerjaan yang ada.

  • Memiliki semangat kerja yang cukup tinggi

Selain melalui beberapa ciri-ciri di atas, mengenal Startup di Indonesia juga cukup mudah dengan ciri-cirinya yang memiliki semangat kerja tinggi. Umumnya, para karyawan yang bekerja adalah mereka kaum milenial dengan usia yang terbilang muda dan sangat melek teknologi.

Perkiraan usia anak muda tersebut mulai dari 20 hingga 35 tahun. Dengan rentang usia tersebut tak heran jika mereka memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan perusahaannya.

  • Kebanyakan bergerak dalam bidang teknologi

Perusahaan Startup umumnya bergerak pada bidang teknologi. Namun bukan berarti tidak semuanya hanya ada pada bidang teknologi saja. Pasalnya, masih ada beberapa perusahaan yang bisa ditemui selain bidang teknologi.

  • Website adalah sarana utamanya

website pribadi merupakan sarana utama dalam melakukan dan menjalankan segala pekerjaan. Baik itu dalam hal menawarkan atau mempromosikan produk yang dijual perusahaan.

  • Para konsumen adalah prioritas utama

Perusahaan Startup umumnya berdiri untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Untuk itu, tidak heran jika mereka selalu memberikan inovasi terbaru dalam memanjakan para konsumennya.

Selain beberapa ciri-ciri di atas, mengenal Startup di Indonesia juga bisa ditandai dengan pendapatan perusahaan yang kurang dari $ 100.000/tahun, produk yang dibuat umumnya berupa aplikasi atau bentuk digital, serta perusahaan tersebut masih dalam keadaan berkembang.

              Mengenal Startup di Indonesia dari beberapa ciri-ciri di atas dapat disimpulkan bahwa perusahaan Startup lebih condong pada perusahaan yang berada pada bidang teknologi dan web. Namun, kenyataannya tidaklah seperti itu saat ini perkembangan yang dikategorikan atau dijuluki dengan kata Startup adalam mereka yang berkaitan dengan bidang teknologi dan online.

              Perusahaan Startup cenderung memakai sistem online dalam memasarkan ataupun mengenalkan produk dan jasa yang mereka miliki. Perusahaan tersebut juga cenderung mengalami potensi pertumbuhan yang terbilang masih cukup tinggi.

Mengenal Startup di Indonesia dan Perkembangannya

              Di Indonesia perkembangan bisnis Startup bisa dibilang cukup pesat. Setiap tahunnya ada banyak pemilik perusahaan Startup yang bermunculan. Saat ini sendiri sudah terdapat lebih dari 1500 perusahaan Startup lokal yang berdiri di Indonesia. Bagaimana dengan Anda, apakah perusahaan Anda termasuk salah satu didalamnya?

              Adanya perusahaan Startup yang terus bertambah ternyata seiring dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun. Tidak heran jika sampai saat ini potensi mendirikan perusahaan Startup menjadi peluang yang cukup signifikan.

              Menurut beberapa riset, di tahun 2013 diperkirakan terdapat 70 juta orang sebagai pengguna internet di Indonesia. Bisa Anda bayangkan berapakah jumlah pengguna internet di beberapa tahun ke depan? Hal itulah yang menyebabkan potensi mendirikan perusahaan Startup masih terbuka lebar.

              Selain itu, daya beli masyarakat di Indonesia juga kian meningkat seiring pendapatan yang naik perkapitanya. Tak heran jika sampai saat ini ada banyak jenis perusahaan Startup yang sudah berdiri seperti perusahaan Startup game, aplikasi edukasi, hingga e-commerce maupun informasi.

              Sampai saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak komunitas pendiri Startup, seperti:

  1. Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com)
  2. Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal yang berada di Malang
  3. Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis yang berlokasi di Semarang
  4. Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com)
  5. Serta yang lainnya

Keberadaan komunitas di atas tentunya akan semakin memudahkan para pendiri Startup untuk saling bertukar informasi, membimbing, hingga menemukan banyak investor. Para pendiri juga dapat mengikuti setiap kompetisi yang ada dari beberapa perusahaan yang bersedia menjadi investornya.

Mengenal Startup di Indonesia dari beberapa perkembangan di atas, hal yang paling ditekankan dalam mendirikan bisnis Startup adalah keberadaan tim yang solid. Dengan adanya tim yang solid, terciptalah ide-ide baru yang tak hanya kreatif namun juga inovatif. Dengan ide-ide yang ditemukan tersebut, tentunya membuat Startup akan lebih mudah dalam menjaring konsumen yang ada atau sekedar mendapatkan investor.

Umumnya, para investor akan lebih mudah tertarik pada perusahaan Startup Anda yang menawarkan ide segar dan masih sangat baru. Dimana ide tersebut mampu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap target pasar yang ingin dituju.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog Gratis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *