Inilah Negara-Negara Pengolah Sampah Terbaik Sedunia
Depok Jaya
+6281388937757
mazpratono@gmail.com

Inilah Negara-Negara Pengolah Sampah Terbaik Sedunia

Blog berbagi Informasi yang Positif

Inilah Negara-Negara Pengolah Sampah Terbaik Sedunia

Negara Pengolah Sampah Terbaik Sedunia
Negara Pengolah Sampah

Inilah Negara-Negara Pengolah Sampah Terbaik Sedunia. Di dunia ini ada beberapa negara pengolah sampah terbaik yang akan membuat kamu berdecak kagum. Karena pengolahan sampah yang diterapkan benar-benar rapi dan menggunakan teknologi canggih. Tentu saja hal ini pun berbeda dengan yang ada di negara kita sendiri.

Di Indonesia, limbah menjadi permasalahan besar yang memicu banjir di berbagai lokasi. Terlebih di kota dengan penduduk sangat padat. Namun tentunya kita semua berharap jika permasalahan ini bisa segera ditemukan solusinya di masa depan.

Sebenarnya limbah sampah ini dapat menjadi sumber devisa besar jika dapat dikelola dengan sangat baik. Karena ada banyak jenis limbah bisa dikelola menjadi berbagai jenis barang bermanfaat. Bahkan ada beberapa terobosan teknologi yang bisa menciptakan sumber energi dari limbah itu sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, ada 6 negara pengolah sampah terbaik yang ada di dunia saat ini. Dengan pengelolaan limbah secara bagus, negara tersebut juga populer sebagai negara paling bersih di dunia. Negara apa saja yang masuk? Simak penjelasannya di bawah ini!

Jepang Sebagai Tempat Pengolahan Sampah Modern

Jepang masih berada di posisi pertama sebagai negara dengan pengolahan sampah terbaik. Manajemen pengelolaan sampah di negara satu ini sudah sangat modern dan menggunakan berbagai peralatan canggih. Namun ternyata kesuksesan Jepang tidak hanya dipicu oleh hal tersebut.

Kesadaran masyarakat Jepang akan pentingnya kebersihan juga menjadi salah satu pendukung utama. Di negara satu ini limbah dibagi menjadi 4 jenis. Jenis pertama adalah sampah yang bisa dibakar, sedangkan jenis lainnya adalah limbah yang tidak bisa dibakar. Sedangkan jenis yang terakhir adalah limbah rumah tangga non daur ulang seperti TV, Kompor, AC, dan lain-lain.

Jerman dengan Tempat Sampah Terdiri dari 4 Warna      

Tak hanya Jepang, negara lain yang juga masuk sebagai negara pengolah sampah terbaik adalah Jerman. Di negara satu ini kamu bisa menemukan tempat sampah yang terdiri dari 4 warna. Warna yang tersedia adalah warna cokelat, biru, hitam dan kuning.

Warna cokelat digunakan untuk limbah makanan. Sedangkan warna biru digunakan untuk limbah kertas, warna hitam digunakan untuk limbah rumah tangga dan yang terakhir digunakan untuk limbah plastik. Pengelolaan limbah di Jerman sangatlah canggih dengan berbagai teknologi yang dimilikinya. Alhasil, negara satu ini merupakan salah satu negara paling bersih di dunia,

Swedia dengan Pengolahan Sampah Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Negara pengolah sampah terbaik lainnya adalah Swedia. Di negara satu ini, sampah digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Proses penerapannya dikenal dengan nama WTE atau Waste to Energy. Konsep satu ini sudah banyak ditiru oleh berbagai negara di dunia. Namun pengelolaannya tidak sebaik Swedia.

Swedia juga memiliki tempat sampah dengan bentuk yang sangat unik di negaranya. Jadi tempat sampah yang disediakan sama sekali tidak terlihat kumuh. Bahkan cenderung mengandung seni tinggi sehingga tidak terlihat seperti tempat limbah.

Belanda Sebagai Negara Terbersih

Negara pengolah sampah terbaik selanjutnya adalah Belanda. Negara satu ini memang selalu masuk sebagai negara terbersih di dunia. Sama seperti di Swedia, negara satu ini menjadikan limbah sebagai pembangkit tenaga listrik.

Karenanya subsidi listrik yang diberikan oleh pemerintah sangatlah besar kepada penduduknya. Belanda sendiri menerapkan denda hukuman yang sangat besar kepada penduduknya yang membuang sampah sembarangan.

Korea Selatan dengan Pengelolaan Sampah yang Disiplin

Negara lain dengan pengelolaan limbah terbaik adalah Korea Selatan. Di negara satu ini pengelolaan sampahnya sangat disiplin. Para penduduk diberikan plastik unik dengan identitas. Jadi jika misalkan ketahuan membuang limbah sampah sembarangan, akan dikenakan denda yang besar.

Di samping itu ada hal unik juga di Korea Selatan yang berkaitan dengan sampah. Jika kamu tinggal di apartemen, biasanya pihak pengelola apartemen akan menyediakan satu lantai khusus untuk tempat pembuangan limbah. Jadi sangat tidak mungkin jika para penghuni apartemen masih membuang sampah sembarangan.

Inggris Sebagai Pengolah Sampah Secara Konstan

Negara terakhir yang menjadi pengelola limbah terbaik adalah Inggris. Inggris memberikan tiga buah tong sampah unik bagi para penduduknya. Biasanya warna yang diberikan adalah biru tua, hijau dan cokelat. Fungsinya berbeda beda dan memiliki jenis sampah masing-masing.

Penarikan limbah di Inggris dilakukan secara konstan dan sangat sering. Titik pembuangan sampah juga bisa ditemukan dengan mudah di negara satu ini. Dengan pengelolaan yang seperti ini, tak heran jika Inggris dianggap sebagai salah satu negara pengolah sampah terbaik saat ini.

Pengolahan sampah di Jerman da Swedia (dok.net)

Baca juga: Mengenal Startup dan Bisnis Startup di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *