Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda - Info Positif
Depok Jaya
+6281388937757
mazpratono@gmail.com

Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

Blog berbagi Informasi yang Positif

Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda
Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda
Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

              Facebook merupakan salah satu jenis sosial media yang saat ini memiliki jumlah pengguna yang paling banyak. Jika dilihat dari sisi bisnis, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan penjualan produk secara signifikan. Di era teknologi ini sendiri, panduan Facebook Marketing sudah menjadi hal yang banyak dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran wajib bagi para pebisnis online.

              Nah, pada artikel berikut Kami akan memberikan banyak informasi mengenai panduan Facebook Marketing yang bisa Anda ketahui. Penasaran mengenai pembahasan tersebut? Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini hingga selesai!

Mengenal Apa itu Facebook Marketing

              Facebook Marketing merupakan keseluruhan aktivitas yang memakai akun Facebook dalam memasarkan produk ataupun membangun komunikasi secara intens dengan konsumen. Facebook Marketing sendiri masih termasuk sebagai strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan menarik pelanggan memakai beragam informasi menarik.

              Facebook sendiri merupakan sosial media yang cukup potensial. Hal ini tak lain karena jumlah penggunanya yang begitu banyak dan selalu naik. Di seluruh dunia sendiri tercatat jumlah pengguna Facebook sudah menyentuh angka lebih dari 2 milyar. Tentu saja, dengan memanfaatkan Facebook Marketing sangat membantu bisnis seseorang untuk mendapatkan hasil penjualan yang signifikan.

              Jika dilihat dari sisi fitur, Facebook sendiri memiliki banyak fitur yang cukup efektif untuk melakukan pemasaran. Seperti fitur posting terjadwal yang memungkinkan Anda membagikan konten hanya pada jam-jam yang potensial dilihat oleh calon pembeli. Tak hanya itu saja, tersedia juga fitur Facebook 360 yang dapat membuat panorama postingan Anda menjadi lebih menarik.

Kelebihan Facebook Marketing

               Apakah Anda semakin tertarik untuk memanfaatkan Facebook Marketing? Jika iya, Anda perlu mengetahui juga apa saja kelebihannya berikut:

1. Berpotensi memiliki jangkauan audiens yang luas

Memakai Facebook Marketing, maka Anda bisa mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas. Terlebih di Indonesia sendiri ada banyak masyarakat yang menggunakan Facebook secara aktif. Itu menandakan bahwa target audiens Anda semakin banyak.

2. Mudah menciptakan brand awareness

Kelebihan selanjutnya adalah dapat dengan mudah menciptakan brand awareness. Facebook dapat membantu Anda dengan baik asal Anda bisa menerapkan strategi tepat dalam menciptakan brand awareness tersebut.

3. Tepat sasaran

Facebook Marketing tak hanya dapat menjangkau banyak orang saja karena hal tersebut tidaklah cukup. Pasalnya, diperlukan juga tepat sasaran dalam sebuah pemasaran.

4. Biaya yang lebih murah

Apabila Anda ingin berhemat dalam membangun bisnis dalam melakukan promosi, maka Facebook Marketing adalah pilihan tepatnya. Anda bisa mulai beriklan memakai Facebook Ads dan pilih jenis promosi yang terjangkau.

5. Dapat lebih dekat dengan konsumen

Tidak salah lagi, Facebook merupakan salah satu sosial media yang memudahkan Anda menjadi lebih dekat dengan konsumen. Dengan kedekatan yang Anda bangun tersebut, maka sebuah tujuan tentu akan mudah tercapai.

              Cukup banyak bukan kelebihan jika menggunakan Facebook Marketing? Agar Anda bisa mendapatkan semua kelebihan di atas, maka simak juga beberapa panduan dalam melakukan Facebook Marketing di bawah ini!

Panduan Facebook Marketing

              Dalam menggunakan Facebook untuk berbisnis sangat penting mengetahui panduan Facebook Marketing. Selain dapat memperoleh hasil yang optimal, melakukan penjualan di Facebook memakai panduan Facebook Marketing pun akan menjadi lebih mudah. Lantas, seperti apa panduan tersebut?

              Di bawah ini merupakan panduan Facebook Marketing yang bisa Anda terapkan:

1. Awali dengan tujuan yang jelas

Dalam melakukan pemasaran ada baiknya Anda sudah mengawalinya dengan tujuan yang jelas. Dengan begitu, Anda bisa mengukur apakah upaya pemasaran yang selama ini dilakukan sudah berhasil berjalan sesuai tujuan awall. Tujuan umum Faceboook Marketing biasanya adalah meningkatkan brand awareness. Saat brand Anda sudah dikenal oleh banyak orang, maka Anda tentu akan lebih mudah dalam melakukan penjualan.

2. Ketahui target pasar yang diinginkan

Panduan Facebook Marketing selanjutnya adalah menentukan target pasar. Dengan Anda mengetahui target pasar maka Anda bisa dengan mudah menentukan biaya pemasaran dan juga menentukan jenis konten apa yang diperlukan.

Dalam menentukan target pasar tersebut, panduan Facebook Marketing sendiri menawarkan beberapa beberapa tips. Seperti dengan melakukan riset, menciptakan buyer persona, hingga menentukan brand positioning.

Facebook Marketing sendiri memberikan kemudahan bagi Anda, salah satunya dengan adanya fitur Facebook Ads. Di dalam fitur tersebut Anda bisa memanfaatkan layanan yang bernama custom audience. Kemudian buat target audience yang spesifik berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki atau bisa juga melalui website.

3. Buat konten yang menarik perhatian

Apabila Anda sudah mengetahui target pasar yang tepat, maka kini saatnya untuk membuat konten yang menarik perhatian. Ada baiknya, Anda tidak hanya memposting konten yang berupa teks saja. Akan tetapi, Anda bisa melengkapinya dengan kehadiran video maupun foto agar lebih menarik.

4. Buat jadwal posting konten

Panduan Facebook Marketing selanjutnya adalah dengan membuat jadwal posting konten. Hal ini cukup penting dilakukan untuk membantu Anda dalam menentukan kapan posting dilakukan. Pasalnya, jika Anda melakukan posting terlalu sering tentu sangat tidak bagus. Bahkan dapat memberikan kesan yang kurang baik kepada konsumen.

Namun, apabila Anda terlalu lama dalam memposting konten, maka engagement follower Anda akan semakin berkurang. Untuk itu, buat jadwal posting konten dengan baik.

5. Usahakan aktif berkomunikasi dengan audiens

Tujuan utama menggunakan panduan Facebook Marketing adalah untuk melakukan penjualan. Namun, penjualan tentu tidak akan bisa terjadi apabila tidak ada usaha untuk berkomunikasi dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan betul panduan Facebook Marketing yang satu ini.

Anda bisa melakukannya dengan menjawab komentar dari konsumen, berdiskusi di kolom komentar, atau menyebut namanya secara pribadi.

6. Tentukan anggaran yang sesuai

Panduan Facebook Marketing selanjutnya adalah dengan menentukan anggaran dengan baik. Namun, Anda jangan khawatir karena proses pembuatan konten bisa Anda buat dengan murah. Yakni seperti dengan memakai fitur seperti page like ads, lead generations ads, hingga boosted posts.

Dengan menentukan anggaran yang sesuai tujuanAnda di awal, tentu akan lebih mudah dalam mengukur tingkat keberhasilan pemasaran produk yang dilakukan.

7. Monitoring dan analisis strategi yang sudah dilakukan

Panduan Facebook Marketing yang satu ini bisa Anda lakukan dengan mengamati komentar yang diberikan oleh pengunjung. Anda juga bisa melakukannya dengan melihat perkembangan jumlah like maupun share di setiap kontennya.

Itulah beberapa panduan Facebook Marketing yang perlu Anda terapkan. Dengan menggunakan panduan di atas diharapkan bisnis Anda bisa terus berkembang mengikuti kemajuan zaman.

Kesimpulan

Facebook Marketing merupakan upaya efektif yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran produk saat ini. Dengan memanfaatkan panduan melakukan Facebook Marketing, maka Anda akan semakin mudah dalam melakukan pemasaran produk yang diinginkan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan berbagai kelebihan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Baca juga: Sukses Kursus Bisnis Online Bagi Pemula

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *