Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku - Info Positif
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku
Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku
Membuat lamaran kerja yang baik

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Baku

Tips membuat lamaran kerja yang baik dapat menjadi referensi paling tepat untuk siapa saja yang akan menulis surat lamaran. Surat lamaran sangat penting untuk ditulis dengan baik karena menyangkut dipanggil dan tidaknya kamu dalam formasi yang didaftar. Maka, maksimalkan proses pembuatannya dengan teliti.

Dalam menulis sebuah surat lamaran baik untuk keperluan kerja maupun lainnya, bahasa harus baik dan sopan. Kamu harus menggunakan bahasa baku dan bukan menggunakan bahasa gaul. Susunan kalimat juga harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Setelah kamu selesai membuatnya, periksa kembali agar hasilnya lebih baik.

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik

Jika kamu sedang berencana melamar sebuah pekerjaan baik di perusahaan maupun instansi lain, persiapkanlah sedari sekarang. Hal penting dan tidak boleh terlewatkan adalah melampirkan surat lamaran. Berikut beberapa referensi tips menarik untuk dipelajari ketika kamu akan menulis lamaran kerja.

  • Gunakan bahasa sopan dan baik

Salah satu tips membuat lamaran kerja yang baik adalah menggunakan bahasa baku. Maksudnya, gunakanlah bahasa Indonesia santun, formal, dan tidak menyakiti maupun menyinggung perasaan.

  • Menggunakan tulisan tangan

Seiring perkembangan jaman, maka banyak sekali orang membuat surat lamaran kerja menggunakan ketikan komputer, meskipun akan dikirimkan secara manual/ tidak menggunakan email. Namun sebenarnya, tuliskan saja dengan tangan jika kamu akan melamar secara langsung.

Bahkan kamu tetap bisa menggunakan tulisan tangan jika ingin melamar kerja secara online. Nantinya, tulisan tersebut dapat di scan untuk kemudian dilampirkan. Namun jika pihak pembuka lowongan menghendaki ketikan komputer, kamu bisa mempertimbangkannya.

  • Melengkapi data

Jangan lupa, lengkapi data dengan baik. Data diri maupun data mengenai instansi yang akan dilamar hendaknya diperhatikan dengan sedetail mungkin. Periksa kembali data sebelum benar-benar dikirimkan.

  • Bahasa tidak membingungkan

Penting pula untuk memperhatikan tips membuat lamaran kerja yang baik yaitu menggunakan kata-kata tidak membingungkan. Gunakan kalimat seperlunya saja alias to the point.

  • Lampirkan data pendukung

Tidak lupa juga untuk melampiri data untuk dikirimkan dengan data pendukung lain. Contohnya ijazah, sertifikat, maupun persyaratan lain yang diperlukan dan diminta oleh pemberi lowongan.

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Benar                                                                                       

Mudah bukan tips membuat lamaran kerja yang baik? Kini, kamu sudah bisa untuk memulai menulisnya. Cara mudah untuk menuliskan surat untuk melamar kerja bisa dimulai menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

  • Menuliskan tempat serta penanggalan surat

Penulisan mengenai hal tersebut dilakukan di paling awal. Kamu bisa menuliskan di pojok atas kiri maupun kanan tergantung style atau model surat yang digunakan.

  • Tujuan

Tuliskan tujuan menggunakan nama serta gelar yang tepat. Pastikan kamu juga mengetahui jabatan orang tersebut di perusahaannya.

  • Menuliskan alamat instansi maupun perusahaan

Anda tentu mengetahui alamat instansi yang akan dilamar bukan? Pastikan alamat tersebut benar. Kamu dapat mencari referensinya terlebih dahulu .

  • Salam pembuka

Ini adalah suatu hal penting dan perlu untuk dituliskan. Kamu bisa menuliskan salam pembuka dengan beragam kalimat, contohnya saja menggunakan kalimat “Dengan Hormat”

  • Pembukaan

Dalam menuliskan pembukaan, cantumkanlah informasi terkait dengan info mengenai lowongan. Kamu bisa menyampaikan mendapatkan informasi tersebut dari media cetak, internet, maupun dari teman.

  • Biodata

Cantumkan biodata diri secara lengkap. Tuliskan nama panjang, tanggal lahir, hingga alamat dan nomor telepon. Cek kembali setelah menuliskan biodata.

  • Pengalaman pekerjaan

Kalau kamu memang masih fresh graduate, kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja. Namun jika memang sudah memiliki pengalaman pekerjaan, kamu bisa menuliskannya. Jika perlu, tuliskan kemampuan seperti berbahasa asing dan mengoperasikan komputer.

  • Penutup

Langkah terakhir adalah penutup. Gunakan salam penutup yang baik dan sopan. Untuk bagian paling akhir bisa dilakukan dengan membubuhkan tanda tangan dan nama terang. Bubuhkan nama panjang setelah tanda tangan.

Ternyata tidak terlalu sulit bukan? Membuat lamaran pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mendownload contoh di internet. Tuliskan menggunakan tulisan tangan dengan sebaik mungkin agar mendapatkan pertimbangan dari perusahaan yang akan dilamar. Lakukan tips membuat lamaran kerja yang baik di atas dan semoga berhasil.

Membuat Lamaran Kerja yang baik

Baca juga: Peluang usaha menjadi penulis artikel online dengan modal gratis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *