Tempat Wisata Menarik di Melbourne - Info Positif wisata di Melbourne
Depok Jaya
+6291219759518
mazpratono@gmail.com

Tempat Wisata Menarik di Melbourne

Tempat Wisata Menarik di Melbourne

wisata di Melbourne
Tempat Wisata Menarik di Melbourne
Wisata di Melbourne

Tempat Wisata Menarik di Melbourne

Selain Sydney, Melbourne merupakan salah satu kota yang terkenal di Australia. Melbourne sendiri dikenal sebagai ibukota budaya Australia dan memang pernah menjadi ibu kota Australia pada 1901 sampai 1927. Berikut ini berbagai tempat menarik untuk Anda yang ingin wisata di Melbourne.

1.    Cathedral Cruch Of St Saviour

Gereja ini berukuran cukup besar dengan ketinggian bangunannya mencapai 103 meter. Pendiriannya didasarkan pada keputusan Ratu Victoria pada 14 Maret 1863 dan selesai dibangun 21 tahun kemudian, yakni pada tahun 1884.

Cathedral Church of St Saviour ini bisa dikatakan menjadi salah satu katedral terbaik di belahan bumi selatan. Gereja yang dibangun dari batu pasir putih ini dirancang oleh salah satu arsitek paling terkenal di Australia, Edmund T. Blackett .

Ketika masuk ke dalam gereja, Anda bisa menyusuri bagian gereja dan menemukan belltower indah, serta jendela besar di sekeliling ruangannya. Di bagian depan terdapat batu besar yang menghadirkan kesan suci untuk ritual keagamaan yang dijalankan.

2.    Polly Woodside

Untuk Anda yang mencintai dunia pelayaran, Anda bisa datang ke Polly Woodside. Di sini, Anda akan diajak untuk menjelajahi perahu besar dan menyusuri sejarah pelayaran masa kolonial. Produksi kapal ini dilakukan sejak 1885, sudah sangat lama, bukan?

Di dalam perahu terdapat galeri yang memajang berbagai peralatan berlayar. Ada juga bioskop mini yang menayangkan film singkat mengenai pelayaran. Tidak lupa panggung hiburan yang akan menampilkan pertunjukan menarik untuk para pengunjung.

3.    Federation Square

Pembukaan resmi Federation Square dilakukan 26 Oktober 2002. Biaya pembangunannya juga tidak main-main, mencapai 450 juta dollar Amerika.

Dengan biaya sebesar itu, Federation Square menjadi salah satu proyek bangunan yang konstruksinya paling rumit dan unik di Australia. Memiliki luas sekitar 3,2 hektar dan disusun dengan balok besar yang tak beraturan. Bangunan ini merupakan hasil karya Arsitektur Lab dengan arsitek Bates Australia Smart.

Bangunan ini memiliki dek bawah tanah yang berfungsi meredam dan mengisolasi getaran di bioskop di atasnya. Balok-balok besar di luar ruangan diukir dengan ukiran The Façade Fractal. Beberapa restoran juga tersedia di sekitar gedung. Mau kafe untuk tempat bersantai bersama teman-teman? Di sini ada juga loh.

4.    Melbourne Aquarium

Tempat wisata di Melbourne berikutnya adalah Melbourne Aquarium. Untuk mengunjungi Melbourne Aquarium, Anda bisa datang ke kawasan Corner King Street & Flinders Street, Melbourne.

Tempat wisata ini berupa dinding kaca berukuran besar dengan ikan yang bebas berenang di dalamnya. Saat memasukinya, Anda akan merasa seolah berjalan di bawah laut. Anda bahkan bisa melihat berbagai biota laut yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda temui.

Di akuarium ini terdapat koleksi kuda laut dari berbagai spesies dengan jumlah yang banyak. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemui paling hiu dan ikan pari raksasa di sini. Mau keseruan lebih lagi? Cobalah menyelam di dekat penghuni akuarium tersebut. Tidak perlu khawatir, ada instruktur yang  mendampingi kok.

5.    Main Beach

Memasuki musim panas, Main Beach didominasi oleh Surf Club. Letaknya sangat dekat dari pusat kota, bahkan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Pantai ini aman untuk berenang, asal tidak terlalu jauh ke laut, dan juga nyaman untuk berjemur.

Anda bisa menemukan banyak penginapan dan tentunya restoran di sekitar pantai. Hal menarik lainnya dari pantai adalah adanya lokasi camping di lima belas titik lokasi. Anda juga bisa menemukan banyak titik untuk berselancar hingga memancing. Diperbolehkan membawa anjing, namun maksimal hanya dua ekor.

6.    Narooma Surf Beach

Masih tentang pantai. Selanjutnya ada Narooma Surf beach yang memungkinkan pengunjung menikmati kemegahan mercusuar di Montague Island. Lokasi pantai berada di sisi selatan Wagonga Heads. Bukan hanya itu, pantai sepanjang 770 meter berada di kawasan berbukit sehingga semakin menambah keindahannya.

Di bagian selatan pantai, tepatnya di sebelah klub surfing ada bagian pantai yang disebut Little Lake. Kawasan tersebut merupakan laguna dan aman untuk berenang serta tidak terlalu jauh dari parkir mobil.

Selain lokasi tepat untuk penggemar surfing, pantai ini juga banyak dikunjungi para penggemar memancing. Ada banyak spot memancing di sepanjang pantai. Banyak pemancing yang membawa pulang beragam ikan besar.

7.    Yarra River

Di sebelah timur Melbourne, terdapat Yarra River yang panjangnya mencapai 240 km dengan muara di Port Phillip Bay. Sungai ini dan sekitarnya menjadi habitat berbagai fauna, termasuk platipus, koala, lyrebirds dan tentunya ikan air tawar.

Sebagai kelengkapan fasilitas wisata, di sepanjang aliran sungai ini dibangun Melbourne Park, Royal Botanical Gardens, Melbourne Cricket Ground, dan lainnya. Anda juga bisa mampir ke Herring Island Park, tempat hidup ribuan pohon dan hewan.

Fasilitas lain untuk wisatawan adalah tempat makan, jalan khusus untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki, serta jogging track. Untuk singgah ke Herring Island, Anda bisa menaiki kapal feri.

Tertarik melakukan perjalanan wisata di Melbourne?

Baca juga: Yuk berkunjung ke Negara Kenya